Bagaimana Cara Menciptakan Survei Memakai Google Docs
Halo teman-teman semua yang pastinya sudah mengikuti perkembangan zaman ini. Selamat datang kembali di . Pada kali ini, kita akan membahas hal yang sangat penting yaitu bagaimana cara membuat google docs. Biasanya juga google docs itu digunakan untuk membuat survei secara online untuk kebutuhan peran dan bahkan proyek. Pemakaian google docs juga dibilang cukup praktis yaitu kita hanya membuat dan part link surveinya. Keunggulan google docs yakni sanggup secara langsung menganalisa hasil survei kita berupa jawaban dari responden. Jadi secara langsung google docs telah membuat grafik lengkap dengan persentasenya sekaligus menata hasil jawaban responden dengan rapi dan baik. Sehingga sanggup dibilang bahwa google docs sanggup memudahkan kita untuk melakukan survei dan mendapat information dan informasi dengan sangat cepat.
Bagaimana Cara Membuat Google Docs
Pada kesempatan kali ini, mungkin banyak teman-teman yang masih kesulitan untuk membuat google docs alasannya yaitu yakni merupakan masih pengalaman pertama kalian. Pada kali ini mari kita bahas secara lengkap dan kalian pasti sanggup membuat google docs dengan lancar.
Langkah 1 : Buka Google Drive Kalian Lalu Pilih Tombol Baru (+). Kemudian Pilih "Lainnya" dan Pilih Lagi "Google Formulir"
Langkah two : Buka Google Drive Kalian Lalu Pilih Tombol Baru (+). Kemudian Pilih "Lainnya" dan Pilih Lagi "Google Formulir" dan Siap Untuk Membuat Survei.
Pada google docs ini, dibagi menjadi two yaitu "Pertanyaan" dan "Tanggapan". Yang dimana "Pertanyaan" yakni tempat dimana kita ingin membuat survei yang kita inginkan. Sedangkan pada "Tanggapan" yakni hasil respon dari responden yang mengisi kuesioner kita dan terekam secara otomatis dan google docs juga sanggup mengolah dan menyimpulkan hasil jawaban responden dalam bentuk grafik sehingga sanggup membantu dan memudahkan pekerjaan kita.
Menu "Pertanyaan"
1. Judul = Tempat dimana kita membuat judul mengenai survei kita sehingga orang lain akan paham terhadap survei kita.
2. Deskripsi = Tempat dimana kita menjelaskan mengenai survei kita berdasarkan 5W + 1H (What, Where, When, Why, Who, How). Sehingga orang yang ingin mengisi survei terperinci dengan tujuan kalian.
3. Judul Pertanyaan = Dalam membuat kuesioner juga kita membutuhkan pertanyaan untuk mencari sebuah information atau informasi. Selain itu kalian juga sanggup menambahkan gambar.
4. Isi Pertanyaan = Tempat dimana kita menjawab pertanyaan baik itu dalam bentuk teks, paragraf, dan pilihan ganda.
5. Tipe Jawaban Pertanyaan = Kalian sanggup mengatur menyerupai apa jawaban yang kalian inginkan. Tersedia menyerupai Jawaban Singkat, Paragraf, Pilihan Ganda, Kotak Centang, dan lain-lain.
6. Fitur Penambah = Tersedia banyak fitur yaitu menambahkan pertanyaan baru, menambahkan judul dan deskripsi, menambahkan gambar, menambahkan video, menambahkan cuilan (pemisah halaman).
7. Duplicate = Berfungsi untuk menduplikasi atau mencopy pertanyaan dan model jawaban survei dari yang sebelumnya.
8. Delete = Untuk menghapus pertanyaan yang tidak diinginkan.
9. Wajib Diisi = Fitur dimana para responden harus menjawab beberapa pertanyaan yang "Wajib Diisi"nya diaktifkan. Jika tidak maka hasil responden tidak sanggup terekam.
10. Theme = Tempat untuk mempercantik tampilan survei kalian dengan berbagai macam latar belakang.
11. Pratinjau = Untuk melihat menyerupai apa survei yang sedang kalian buat.
12. Setelan = Untuk mengatur survei kalian menyerupai electronic mail terekam ketika responden mengisi survei dan berhasil kirim, sanggup juga dijadikan kuis dan menampilkan skor, dan lain-lain.
13. Kirim = Untuk menyebarkan survei yang kita buat baik itu berupa link maupun kirim melalui email.
Menu "Tanggapan"
1. Jumlah Tanggapan = Ditampilkannya jumlah responden yang mengisi survei kita.
2. Hasil Survei = Hasil survei sanggup kita lihat dalam two model yaitu "Ringkasan" dan "Individual". Ringkasan berarti google docs telah mengolah information kita dan meringkasnya dalam bentuk diagram dan grafik. Sedangkan untuk Individual berarti kita sanggup mengecek hasil responden secara satu per satu sekaligus kita sanggup menghapus hasil tanggapannya jikalau terdapat responden yang kurang mendukung (menjawab secara asal).
3. Hasil Tanggapan = Ditampilkannya hasil jawaban terhadap survei kalian dan kalian pastinya mendapat information dan informasi yang valid.
4. Menerima Tanggapan = Ini cuilan dimana kita sanggup mengatur apakah survei kita buka (masih mendapat jawaban responden) atau tutup (tidak mendapat jawaban lagi).
5. Setting = Untuk mendownload hasil tanggapan, mencetak hasil tanggapan, dan lain-lain.
6. Membuat Spreadsheet = Untuk membuat para responden sanggup memperbaiki survei kita jikalau terjadi kesalahan. Berarti ini membiarkan responden juga berkontribusi (membantu perkembangan) terhadap survei kita menjadi lebih baik lagi.
Langkah three : Jika Survei Sudah Dibuat dan Selesai. Klik "Kirim" Untuk Mendapatkan Link Survei
Setelah kalian sudah simpulan membuat survei dan siap untuk disebar dan dibagikan, kalian hanya klik "Kirim" dan salin link yang menyerupai diatas ini. Kemudian kalian bagikan ke tujuan kalian secara tepat untuk mendapat hasil jawaban yang sesuai dengan projek kalian. Kalian tinggal menunggu banyaknya jawaban yang masuk dan jikalau sudah sesuai dan memenuhi kebutuhan (mencapai target) sanggup kalian tutup surveinya dengan "tidak mendapat jawaban lagi".
Langkah iv : Sebar dan Menunggu Hasil Tanggapan Para Responden
Hasil jawaban tersebut juga sanggup terekam secara otomatis dan selalu tersimpan di dalam google stimulate kalian dan google docs akan selalu mengolah information kalian menjadi ringkas dan memudahkan kalian untuk mendapat information dan informasi.
Begitulah teman-teman bagaimana cara membuat survei dengan menggunakan google docs atau google formulir. Cukup praktis bukan? Jangan resah ya alasannya yaitu yakni banyak fitur aneh disini. Tetapi jikalau kalian berguru pertama kali membuat survei pasti membingungkan. Tetapi lama kelamaan pasti kalian sanggup handal dalam membuat suatu survei. Bagi teman-teman yang masih resah sanggup berkomentar di kolom komentar di bawah dan kita bahas bareng.
Semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian semua dan untuk kebutuhan peran kalian. Semoga sukses dalam menjalankan projek kalian. Thank you lot guys sudah membaca post ini hingga habis. Jangan lupa mampir ke youtube channel saya dan jangan lupa lagi di Like, Comment, Share, too Subscribe ya :D
Belum ada Komentar untuk "Bagaimana Cara Menciptakan Survei Memakai Google Docs"
Posting Komentar