Apa Itu Gpt? Apa Perbedaannya Dengan Mbr?

Halo. Baru nongol lagi nih writer Gilang, sibuk cari materi tapi dirasa kurang pas buat dibahas ya kesannya gajadi di post wkwk. Oke kali ini kita bahas ihwal yang namanya GPT dan MBR. wah apa tuh? Mari kita bahas lebih lanjut.
Baca Juga : Cara Mengembalikan Partisi Hardisk yang Hilang
Nah sedikit kisah dulu nih, kemaren hardisk komputer saya rusak dan untuk masuk windows sudah tidak bisa. Maka dari itu kemarin saya akalin brand hardisk laptop baru tapi belom pernah dipake baru dipasang doang dilaptop. Disini dilema bahwasanya muncul.
Langsung aja nih saya coba install windows seven 64 bit, alasannya yaitu yaitu saya ga terbiasa dengan windows 8 atau x dan juga alasannya yaitu yaitu back upwards motherboard saya dan yang saya baca sih belom back upwards ke x jadi masih menggunakan windows 7. Nah pas install terjadi mistake kira-kira sebagai berikut.
Nih Error begini
Awalnya saya kira ini installernya rusak nih, eh ternyata sehabis baca-baca lagi. Windows seven ternyata memang harus menggunakan disk MBR. Nah apa sih itu GPT dan kenapa ga sanggup diinstall windows 7?

Apa Itu GPT (GUID Partition Table)?

GPT ini yaitu cuilan dari EFI system, yang mana GPT ini mendefinisikan standar layout tabel partisi pada hardisk yang menggunakan Global Unique Identifier. GPT hadir Karena banyaknya keterbatasan yang dimiliki oleh MBR, banyak perangkat komputer modern yang mulai beralih ke GPT. Kenapa disebut menggantikan kiprah MBR? yak perkembangan komputer makin sekarang makin canggih dan kapasitas hardisk sendiri makin besar. Pada MBR sendiri hardisk memiliki batasan restrain yang sanggup dibilang sangat kecil untuk saat ini, yaitu hanya 2,2 TB saja. Saat ini saja hardisk WD Blue untuk personal figurer sudah mencapa vi TB. Tapi percuma saja kita membeli hardisk dengan infinite lebih dari two TB kalau masih menggunakan MBR. Selain kapasitas, pembagian partisi pada MBR hanya membolehkan four tipe top dog saja.

Nah GPT sendiri mendukung penyimpanan sampai 9,4 ZB dengan proteksi partisi top dog yang sanggup mencapai 128 partisi. Berbicara ihwal model partisinya sendiri, Pada MBR gosip mengenai partisi dan lokasi file sistem operasi berada pada sektor pertama dari disk tersebut. Baik firmware ataupun sistem operasi, mereka sangat bergantung pada sektor pertama disk tersebut untuk sanggup bekerja dengan normal. Namun, dengan model yang ibarat ini, jikalau sektor pertama pada MBR disk ini corrupt, kemungkinan kehilangan kanal information sanggup terjadi ibarat yang terjadi pada hardisk lama saya dimana corrupt di sektor pertama sehingga tidak sanggup charge windows kesannya information saya tidak sanggup diakses alasannya yaitu yaitu tidak sanggup masuk windows. Karena itu GPT hadir untuk mengatasi hal tersebut jadi bila sektor pertama rusak, hardisk tetap sanggup bekerja dengan baik.

Baca Juga : Mengenal Perkembangan Komputer

Perbedaan antara MBR dan GPT?

  1. Perbedaan dalam back upwards partisi. MBR hanya men-support four partisi primary, GPT jauh lebih banyak yaitu sanggup sampai 128 partisi primary.
  2. Perbedaan dalam kapasistas penyimpanan. Kapasitas penyimpanan MBR sangat terbatas, yaitu sampai two TB saja. Sedangkan GPT sanggup sampai 9,4 ZB.
  3. Sektor pertama dan hanya sektor pertama dari MBR disk berisi gosip ihwal hardisk, sedangkan GPT disk, gosip ihwal hardisk dan partisi diduplicate lebih dari satu sehingga tetap akan bekerja bila sektor satu rusak atau corrupt.
  4. Untuk proteksi boot, hanya Windows 8 mendukung 32-bit booting, sedangkan versi ibarat Windows 7, Windows Vista, Windows 32-bit tidak sanggup kick dari GPT disk. Nah yang terakhir ini ternyata yang membuat saya tidak sanggup menginstall windows 7.
Untuk mencoba gpt di windows 8 atau x belom pernah saya coba alasannya yaitu yaitu belum ada sourcenya lol. Tapi mungkin bila ada kesempatan saya akan membahasnya di lain kesempatan.
Kritik dan saran jangan lupa ya terima kasih telah membaca ukiran pena saya.

Belum ada Komentar untuk "Apa Itu Gpt? Apa Perbedaannya Dengan Mbr?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel