Cara Sukses Buat Dan Setting Kalendar Sekolah Di Dhgtk (Daftar Kehadirdan Guru & Tenaga Kependidikan)

Dirjen GTK Kemendikbud RI mulai mewajibkan sekolah untuk mengisi daftar kehadiran guru dan tenaga kependidikan secara online di DHGTK mulai tahun 2018 ini. Tak tanggung-tanggung konsekuensinya kalau sekolah membandel tidak mengisi daftar kehadiran guru dan tenaga kependidikan di DHGTK yang sudah dibuat oleh Dirjen GTK Kemendikbud RI, guru peserta terancam tidak akan mendapat pinjaman profesi.

Untuk mengisi absen kehadiran guru dan tenaga kependikan mampu dilakukan oleh kepala sekolah atau operator sekolah yang diberi peran untuk melakukan proses absensi guru dan tenaga kependidikan. Hal ini sesuai dengan apa yang disampaikan oleh admin Dirjen GTK Kemendikbud RI dimana untuk mampu mencatatkan kekadiran guru kedalam sistem aplikasi kehadiran online berbasis web, ada dua user yang mampu digunakan sebagai susukan kedalam sistem, yaitu login dengan userid kepala sekaolah dan login dengan userid operator dapodik.

Login kedua userid tersebut mampu dilakukan pada hidangan login sekolah. Kedua userid tersebut terupdate datanya secara langsung dari information dapodik baik Dapodikdasmen maupun Dapodikpaud. Proses pencatatan kehadiran untuk versi awal mampu dilakukan secara harian dan mampu juga dilakukan mingguan atau bulanan. Namun ada baiknya untuk tertib administrasi pencatatan kehadiran guru dan tenaga kependidikan dilakukan setiap hari sama mirip dikala absen secara manual di sekolah. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari lupa dan terlewat bulan berjalan yang sudah terkunci.
Baca : Cara Mengecek Data Kehadiran Guru Secara Mandiri di DHGTK
Perubahan userid dan password dilakukan melalui aplikasi dapodik disekolah masing-masing alasannya ialah aplikasi DHGTK merupakan aplikasi yang terintegrasi dengan dapodik. Perubahan userid dan password yang dilakukan di aplikasi dapodik akan terakomodir di Sistem Data Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan setelah dilakukan syncron. Data pengguna akan terupdate di sistem DHGTK setelah ii (dua) hari berhasil syncron.

Untuk mampu melakukan pencatatan kehadiran guru dan tenaga kependidikan, operator sekolah harus membuat dan melakukan setting calendar sekolah terlebih dahulu. Kalender sekolah dibuat dan disetting berdasarkan kalender pendidikan yang sudah disusun oleh sekolah. Kalender sekolah pada DHGTK berfungsi untuk menentukan tanggal-tanggal dalam bulan terentu sekolah menentukan libur sehingga secara otomatis tidak perlu dicentang. Untuk membuat dan setting calendar sekolah di DHGTK mampu mengikuti langkah-langkah berikut ini.
1. Login sekolah menggunakan akun operator sekolah
2. Klik tab hidangan kehadiran kemudian klik hidangan tambah baru di calendar sekolah

3. Pilih jenis libur sesuai dengan pilihan yang sudah ditentukan oleh sistem

4. Isilah tanggal mulai libur dan tanggal sampai
5. Selanjutnya isilah keterangan, misalnya Libur Tahun Baru
6. Kemudian klik “Simpan” hingga muncul notifikasi Data Kalendar Sudah Berhasil Disimpan
7. Terakhir klik OK dan refresh atau reload

Bagaimana, cukup simpel bukan cara membuat dan mensetting kalendar sekolah pada Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan. Tidak perlu khawatir kalau salah dalam membuat kalendar sekolah alasannya ialah Kalendar sekolah yang sudah dibuat mampu diedit di lain waktu bahkan mampu juga dihapus. Yang perlu diingat adalah, dikala mengisi plain tanggal mulai dan tanggal hingga harus melalui hidangan tanggal yang sudah disiapkan, jangan diketik secara manual.

Belum ada Komentar untuk "Cara Sukses Buat Dan Setting Kalendar Sekolah Di Dhgtk (Daftar Kehadirdan Guru & Tenaga Kependidikan)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel