Download Teladan Surat Usul Penerimaan Rapor

Surat yakni alat komunikasi tertulis yang dibuat seseorang baik atas nama pribadi maupun lembaga yang disampaikan kepada seseorang atau lembaga lain. Surat lazim digunakan dalam bentuk surat resmi dan surat tak resmi atau surat pribadi.

Surat resmi yakni surat yang dikeluarkan oleh sebuah instansi atau organisasi yang isinya berkaitan dengan duduk masalah kedinasan. Bahasa yang digunakan yakni bahasa baku. Surat resmi juga memiliki kepala surat, nomor surat, lampiran, dan perihal. Selain itu, kalau diperlukan, mampu ditulis tembusan. Hal-hal itulah yang membedakan antara surat resmi dengan surat pribadi. Secara garis besar surat resmi terdiri atas potongan berikut.
  • Kepala surat
  • Tanggal surat
  • Nomor surat, lampiran, dan perihal
  • Alamat surat
  • Salam pembuka
  • Isi surat
  • Penutup surat
  • Pengirim surat
  • Tembusan, bersifat opsional kalau diperlukan
Surat usul berisi usul terhadap seseorang. Oleh alasannya yaitu itu, dalam menulis undangan, bahasa yang digunakan harus sopan, simpel dipahami, singkat, dan jelas. Penulisan tempat, waktu, hari dan tanggal, serta jadwal harus jelas. Unsur-sur surat usul resmi meliputi

  1. kop atau kepala surat,
  2. nomor dan wacana surat,
  3. tanggal penulisan surat,
  4. alamat yang dituju,
  5. pokok surat, dan
  6. pengirim surat.

Selain itu, surat usul resmi menggunakan bahasa baku dan kalimat efektif biar lebih simpel dipahami dan tidak bertele-tele.

Salah satu referensi surat usul resmi yakni surat usul penerimaan rapor. Surat usul tersebut dibuat oleh sekolah dan ditujukan kepada orang bau tanah atau wali murid. Maksud dari surat usul tersebut yakni penerimaan rapor dari sekolah untuk diserahkan kepada orang bau tanah atau wali murid.

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa rapor merupakan buku laporan hasil pembelajaran yang diperoleh selama satu semester. Buku rapor berisi nilai-nilai yang merupakan hasil selesai dari perhitungan nilai ulangan harian, tugas, ulangan tengah semester dan ulangan selesai semester. Rapor mampu dihasilkan dari tabrakan pena secara manual maupun berupa cetak rapor yang berasal dari aplikasi rapor yang dikembangkan oleh sekolah.

Surat usul penerimaan rapor biasanya diberikan sehari sebelum jadwal penerimaan rapor semester i dan semester 2. Berikut ini disajikan referensi surat usul penerimaan rapor yang mampu didownload dalam bentuk PDF dan Word.

Surat usul penerimaan rapor harus diarsipkan sebagai bentuk dari tertib administrasi sekolah. Pengarsipan surat tersebut didasarkan pada nomor aktivitas surat keluar.

Belum ada Komentar untuk "Download Teladan Surat Usul Penerimaan Rapor"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel