Tanya Jawab (Q & A) Seputar Permasalahan Pmp 2017

Tanya Jawab Seputar Permasalahan PMP 2017

Hadirnya PMP sejak tahun lalu dan tahun ini, sedikit banyak cukup menyita waktu dan tenaga para operator sekolah. Bahkan tidak jarang mengakibatkan beberapa permasalahan yang cukup mengganggu pengerjaan PMP sampai selesai. Mulai dari kebijakan siapa yang harus mengisi kuesioner seharusnya, apa konsekuensi atau imbal balik yang didapat oleh operator sampai permasalahan aplikasi yang tidak mampu diinstal dan tidak terhubung dapodik.
Nah kali ini mari kita bahas beberapa permasalahan yang timbul dalam pengerjaan PMP 2017. Mungkin banyak sekali pertanyaan yang muncul dalam benar kita terkait pengerjaan PMP yang cukup melelahkan ini.

1. Aplikasi PMP versi berapa yang harus digunakan? (PMP Versi.2.0 vs Versi.2.1)
Banyak yang galau juga, aplikasi PMP versi berapa yang harus digunakan.  Apakah aplikasi versi 2.0 ataukah updaternya versi 2.1. Sebetulnya tidak usah bingung. Pengerjaan Aplikasi PMP periode tahun pelajaran 2017/2018 mampu menggunakan versi 2.0 ataupun juga Updater 2.1. Namun apabila information responden PMP 2017 telah terpenuhi, mampu melakukan konfirmasi dan pengiriman data, serta tercatat sudah kirim/diproses di website pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id, berarti sekolah telah memenuhi kewajiban pengiriman information PMP 2017.

2. Apa saja yang harus diperhatikan dikala akan memperbaharui aplikasi PMP 2017?
Masalah tersebut bekerjsama sudah saya bahas diartikel sebelumnya. Namun masih ada beberapa yang bertanya bagaimana langkah sukses memperbaharui aplikasi PMP 2017 dari versi 2.0 ke versi 2.1. Langkah yang harus diperhatikan dalam memperbarui aplikasi PMP ialah sebagai berikut:
  • Backup Data PMP dan simpan di folder yang aman (bukan folder Program Files)
  • Lakukan Instalasi sesuai dengan jenis file yang digunakan yaitu Installer (85,88 MB) atau Updater (45,7 MB)
  • Instalasi menggunakan Installer: Backup information -> Uninstall versi 2.0 -> Install versi 2.1 -> Restore information yang telah di-Backup
  • Instalasi menggunakan Updater: Backup information -> Install Updater versi 2.1
  • Cek Ulang Kofirmasi dan Kirim Data
Baca juga :
- Cara Sukses Instal dan Update Aplikasi PMP 2017 Versi Terbaru (Versi 2.1)
- Cara Sukses Kirim PMP 2017 
3. Masalah apa saja yang sering muncul di aplikasi PMP 2017?
berdasarkan hasil pantauan di lapangan beberapa kesalahan dan occupation yang sering dijumpai pada Aplikasi PMP tahun 2017 yaitu:
  • Data Lupa belum di-Backup sehingga mulai dari awal lagi pengisian kuesionernya. 
  • Lupa melakukan simpan information dikala tanggapan mengerjakan kuesioner sehingga dikala logout information kuesioner belum tersimpan
  • Kesalahan menggunakan file Instaler/Updater. Seharusnya menggunakan Installer jikalau ingin melakukan instal ulang aplikasi, atau sebaliknya jikalau tidak melakukan instal ulang maka pribadi saja menggunakan updater. Perbedaan terdapat pada ukuran file tersebut.
  • Menggunakan dua aplikasi Dapodik dalam satu laptop
  • Tidak mampu melakukan salin PTK atau PD, dsb.
4. Bagaimana waktu pemrosesan information PMP di Website PMP? Real Time/Jeda Waktu?
Waktu pemrosesan information di website PMP dari mulai dikirim sampai dengan sudah diproses dilakukan secara tertunda/tidak existent fourth dimension dengan penjelasan berikut:

  • Status Pengiriman adalah: Belum Kirim – Sudah Kirim – Sudah Diproses atau Gagal Diproses
  • Setelah sekolah berhasil melakukan proses pengiriman data, maka server hanya mendapat file-file PMP sekolah.
  • Update Pengiriman Sehari (1x24 jam) setelah sekolah melakukan pengiriman, maka server memproses file-file PMP dengan mencatat log /waktu pengiriman beserta information tanggapan ke dalam database. Misalnya jikalau sekolah melakukan pengiriman di tanggal twenty September 2017, maka log pengiriman gres akan masuk ke dalam database pada tanggal 21 September 2017.
  • Setelah log pengiriman sekolah dan file PMP diproses, maka website PMP melakukan sistem pembaharuan warta secara terpola setiap vi jam sekali yaitu pukul 00.00 WIB, 06.00 WIB, 12.00 WIB dan jam 18.00 WIB. Jadi misalkan waktu pengiriman yang sudah diproses dan masuk ke dalam database tanggapan pada jam 09.00 WIB, maka datanya gres mampu dilihat pada pukul 12.00.
  • Jika dalam waktu lebih dari 3x24 jam information masih menunjukkan condition Belum Kirim atau Gagal Diproses silahkan menghubungi LPMP, Dinas terkait untuk diinformasikan kepada admin pusat.

Masih adakah permasalahan lain yang perlu dibahas? Silahkan tulis di kolom kementar yang disediakan.

Belum ada Komentar untuk "Tanya Jawab (Q & A) Seputar Permasalahan Pmp 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel