Soal Ujian Pts Bahasa Indonesia Semester Ganjil Kelas 7 Tingkat Mts/Smp Tahun Pelajaran 2019/2020.
Berikut ini ialah Soal Ujian PTS Bahasa Republic of Indonesia Semester Ganjil Kelas vii Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2019/2020.
Soal ini mampu Digunakan untuk latihan mengerjakan soal dalam rangka menghadapi ujian PAS/PAT nanti.
Pilihlah akhir yang paling tepat diantara karakter A, B, C atau D, dengan cara menghitamkan bulat pada lembar jawab yang tersedia!
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 1-4!
Pengalaman ini bekerjsama tidak perlu terjadi alasannya ialah ialah mampu diatasi, tetapi kejadian ini terjadi begitu saja. Saat itu saya bertemu dengan seorang kenalan baru yang berdasarkan saya sangat baik. Dia menyampaikan betapa baiknya dirinya dengan selalu membantu kesulitan saya selama latihan.
Kami bertemu untuk pertama kali saat pendaftaran calon peserta pidato tingkat nasional. Banyak hal yang kami alami bersama. Dia banyak membantu saya memecahkan kesulitan-kesulitan. Saya ialah orang yang sangat pelupa sehingga tidak jarang saya meninggalkan peran yang seharusnya dilakukan. Saya juga sulit menghafal nama orang. Namun, sahabat baru saya ini selalu membantu. Kehadirannya sangat membantu saya. Kami pun sangat dekat.
Beberapa lama setelah kami bersama, tiba-tiba saya menemukan kejanggalan yang ada pada diri sahabat saya. Ternyata ia suka membuang daftar yang berisi agenda-agenda yang harus saya lakukan. Selama ini memang saya membuat daftar untuk mengatasi sifat saya yang pelupa. Saya juga sering menceritakan bagaimana diri saya yang pelupa. Setelah ia tahu semua wacana saya, ia berusaha untuk memusuhi saya secara diam-diam.
Saya yang bersifat terbuka dengan orang lain mendapatkan pelajaran berharga bahwa berhati-hati dan tidak praktis percaya pada orang lain memang perlu. Akibat yang saya terima memang fatal. Namun, jikalau saya lebih mampu menjaga diri pasti kejadian ini mampu dicegah.
1. Kelemahan yang dimiliki penulis kisah ialah ...
A. Bersikap ceroboh
B. Kurang perhatian pada orang lain
C. Pelupa dan praktis percaya kepada orang lain
D. Menganggap setiap dilema dengan sepele
2. Peristiwa kurang menyenangkan yang dialami penulis kisah ialah ...
A. Dikhianati sahabat yang ia percaya
B. Dirugikan dalam keuangan
C. Ditipu dalam suatu urusan
D. Disombongi temannya
3. Berdasarkan struktur teks eksemplum, paragraf ketiga teks di atas merupakan serpihan ...
A. Orientasi
B. Interpretasi
C. Insiden
D. Koda
4.Nilai atau pelajaran yang terdapat dalam kisah tersebut ialah ...
A. Kita harus memperbanyak teman
B. Kita harus berhati-hati dan waspada dengan sikap orang lain
C. Kita harus membantu sahabat yang membutuhkan bantuan
D. Watak orang harus kita kenali dengan baik
5. Pernyataan yang tepat wacana teks eksemplum adalah...
A. Merupakan teks kisah yang mengisahkan seorang tokoh atau pelaku
B. Merupakan teks yang mengisahkan kehidupan dengan tokoh-tokoh hewan
C. Merupakan teks yang mengisahkan imajinasi penulis dengan berpusat pada tokoh
D. Merupakan teks yang menguraikan beberapa kisah aktual dalam kehidupan untuk keperluan informasi
6. Struktur yang berisi pesan moral dalam teks eksemplum terdapat pada serpihan ....
A. kesimpulan
B. penyelesaian
C. interpretasi
D. amanat
7. Struktur yang terdapat dalam teks eksemplum adalah...
A. orientasi, defenisi umum, defenisi khusus
B. orientasi , kalimat topik, deskripsi
C. orientasi, insiden, interpretasi
D. orientasi, insiden, kesimpulan
8. Perhatikan kalimat acak berikut!
- Saya pun menuruti permintaannya, meskipun pada saat itu saya belum mempunyai SIM.
- Ketika akan berangkat, kakak menyuruh saya untuk duduk di depan alasannya ialah ialah ia mengantuk.
- Kakak saya berpesan, “Jika nanti ada operasi zebra, kau berhenti saja. Jangan panik.”
- Kemudian kami sampai di perbatasan kota. Tidak ada operasi juga di sana.
- Satu jam menempuh perjalanan rasanya aman-aman saja, tidak ada operasi apapun.
Urutan kalimat yang benar biar membentuk paragraf yang logis dalam teks eksemplum ialah . . . .
A. 2-3-4-1-5
B. 2-1-4-3-5
C. 2-1-3-5-4
D. 2-1-5-3-4
Bacalah kutipan teks eksemplum berikut!
Kami mengalami luka-luka dan dibawa ke salah satu rumah warga. Ketika ada seorang polisi yang akan mendekati kami, kakak saya berpesan, “Jika nanti ditanya polisi, siapa yang mengemudi, bilang saja Kakak. Kakak tadi jatuh alasannya ialah ialah mengantuk.” Saya hanya mengangguk mendengar usul Kakak saya. [ . . . ]
9. Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf di atas ialah . . .
A. Sepeninggal polisi tersebut, si pemilik rumah keluar dan mengobati luka kami kami.
B. Beruntung polisi tidak meragukan kalau saya yang mengendarai sepeda motor tersebut.
C. Tuhan masih menyampaikan kami keselamatan walaupun kami mengalami banyak luka.
D. Benar saja, polisi tersebut menanyakan hal serupa dan meminta kakak saya untuk menyampaikan SIM beserta STNK-nya.
Perhatikan kutipan dua teks berikut untuk menjawab soal nomor 10-13!
Teks 1.
Siang itu, saya pulang dari sekolah dengan wajah lesu. Nilai matematika yang saya dapatkan hari itu sangat memalukan. Seperti biasa, ibuku selalu menanyakan wacana nilai yang didapatkan anaknya setiap pulang sekolah. Sambil mengeluarkan buku dari dalam tas sekolahku, ibuku bertanya, “Hari ini kau mampu nilai berapa, Nak?” Aku hanya termenung dan sulit untuk berkata-kata, sampai ibuku mengulangi pertanyaanya. Dengan wajah takut saya pun menjawab pertanyaan ibu dengan terbata-bata dan suara lirih. “Matematika aku, mendapatkan nilai dua, Bu.” Mendengar jawabanku ibu pun marah. Dilemparkan buku matematika itu tepat di depanku. Kemudian ia menasihati aku.
Teks 2.
Hari Kamis pagi, Nenek Lusy mencium dan memberi ucapan selamat ulang tahun untuk Rose. Namun, Nenek Lucy tidak membawa apa-apa kecuali sweater hasil rajutannya. Rose heran sekali. Saat Rose ke sekolah, Nenek Lucy pergi ke seorang teknisi.
10. Berdasarkan dua teks di atas, pernyataan di bawah ini yang paling benar ialah . . . .
Teks 1
Teks 2
A.Insiden dari teks eksemplum/Komplikasi dari teks cerpen
B.Orientasi dari teks eksemplum/Resolusi dari teks cerpen
C.Komplikasi dari teks cerpen/Resolusi dari teks eksemplum
D.Orientasi dari teks cerpen/Komplikasi dari teks eksemplum
11. Dari kutipan teks 1, kalimat yang Menggunakan kata keterangan cara ialah . . .
A. Mendengar jawabanku ibu pun marah.
B. Dilemparkan buku matematika itu tepat di depanku.
C. “Hari ini kau mampu nilai berapa, Nak?”
D. Siang itu, dengan wajah lesu saya pulang dari sekolah.
12. Bukti bahwa ibu sayang pada kutipan teks 1 ialah . . .
A. Ibu melemparkan buku matematika di depanku.
B. Ibu menanyakan hasil ulangan matematika.
C. Ibu mengeluarkan buku dari dalam tasku.
D. Ibu menasihati aku.
13. Kalimat berikut yang Menggunakan keterangan waktu ialah . . .
A. Dengan wajah takut saya pun menjawab pertanyaan ibu dengan terbata-bata dan suara lirih.
B. Namun, Nenek Lucy tidak membawa apa-apa kecuali sweater hasil rajutannya.
B. Namun, Nenek Lucy tidak membawa apa-apa kecuali sweater hasil rajutannya.
C. Dilemparkan buku matematika itu tepat di depanku.
D. Hari Kamis pagi, Nenek Lusy mencium dan memberi ucapan selamat ulang tahun untuk Rose
D. Hari Kamis pagi, Nenek Lusy mencium dan memberi ucapan selamat ulang tahun untuk Rose
Baca teks berikut untuk menjawab soal nomor 14-16!
Pada suatu hari, saya dan tema-temanku sedang berjalan-jalan di kampungku. Kami melihat sebuah pohon jambu yang sedang berbuah. Pohon jambu itu berada di halaman rumah Pak Ucok. Pak Ucok dikenal sebagai orang yang galak. Namun, kata temanku, saat itu Pak Ucok sedang tidak ada di rumah.
Melihat keadaan sepi, saya menyampaikan diri memanjat pohon jambu itu. Sementara itu, teman-temanku tetap berada di bawah. Satu, dua, tiga, empat buah jambu kujatuhkan dan ditangkap oleh teman-temanku.
Tiba-tiba, pintu rumah Pak Ucok terbuka. Muncullah Pak Ucok dengan sebuah tongkat kanannya. Ia pun menuju ke arah kami. Teman-temanku langsung mengambil langkah seribu. Tinggallah saya di atas pohon. Setelah turun, saya dimarahi habis-habisan oleh Pak Ucok. Meskipun ia tidak memukulku dengan tongkatnya, saya sangat takut sampai menangis.
Aku berjalan pulang sambil menangis. Dari kejauhan, temaan-temanku menungguku. Mereka justru menertawakanku.
14. Insiden yang terjadi dalam teks di atas ialah . . . .
A. Jatuh dari pohon jambu
B. Mencuri dan tertangkap berair pemiliknya.
C. Diejek teman-teman
D. Memanjat pohon jambu yang lebat buahnya
15. Bagian interpretasi yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah. . . .
A. Aku sadar bahwa tindakanku itu sama dengan mencuri. Aku tidak meminta izin lebih dahulu kepada pemilik pohon. Itulah kesalahanku. Mencuri sama dengan merampas hak orang lain. Aku tidak ingin mengulangi perbuatan itu lagi. Aku juga tidak ingin orang lain mencuri barang-barang milikkku.
B. Kami pun berlari sekuat tenaga. Sementara itu, Pak Ucok mengejar kami. Ia mengacung-acungkan tongkat kayunya. Peristiwa itu menjadi tontonan warga sekitar. Warga tampak heran bahkan. Ada juga yang bersorak-sorak
C. Ia menyadari bahwa tindakannya melewati batas. Ia harus meminta maaf kepada Pak Ucok. Ia juga harus mengganti barang-barang yang telah diambilnya. Untunglah Pak Ucok orang yang baik. Ia tidak tega membawa permasalahan itu ke polisi.
D. Setelah sampai di rumah, saya mengadukan kejadian itu kepada orang tuaku. Orang tuaku justru memarahiku. Padahal, saya ingin orang tuaku membelaku.
16. Kalimat dengan konjungsi antarkalimat terdapat pada kalimat . . . .
A. Paragraf kedua kalimat kedua
B. Paragraf kedua kalimat ketiga
C. paragraf pertama kalimat pertama
D. paragraf ketiga kalimat pertama
D. paragraf ketiga kalimat pertama
17. “Saya membuat lukisan alam ini khusus buat kamu, Bambang!” ujar Paman.
Jenis kata keterangan yang Digunakan dalam kalimat di atas adalah...
A. kata keterangan tempat
B. kata keterangan waktu
C. keterangan tujuan
D. keterangan cara
18. Di bawah ini yang merupakan kalimat bermacam-macam setara ialah . . .
A. Ia seorang perawat ataukah ia seorang dokter?
B. Ia seorang perawat yang baik hati kepada pasiennya.
C. Ia seorang perawat sewaktu saya tinggal di sini.
D. Ia seorang perawat, jikalau ia bekerja di rumah sakit.
19. Kalimat bermacam-macam bertingkat hubungan syarat terdapat pada kalimat . . .
A. Kami mencar ilmu dengan sungguh-sungguh biar nilai ujian kami memuaskan.
B. Kami akan mencar ilmu lebih serius lagi jikalau ujian sudah di depan mata.
C. Kami berangkat ke sekolah lebih cepat dari biasanya alasannya ialah ialah mendapatkan peran piket kelas.
D. Kami mencar ilmu sungguh-sungguh setelah diberi motivasi oleh guru kami.
Dita menyesal alasannya ialah ialah ia menyadari bahwa membuat sarang burung itu lebih baik Menggunakan jerami biar kokoh.
20. Kalimat di atas merupakan jenis kalimat . . . .
A. Tunggal
B. Majemuk bertingkat
C. Majemuk setara
D. Inti
II. Jawablah pertanyaan uraian berikut dengan akhir yang paling tepat!
- Jelaskan ciri-ciri teks eksemplum!
- Buatlah ii kalimat dengan keterangan cara!
- Buatlah ii kalimat dgengan keterangan tujuan!
- Buatlah ii kalimat bermacam-macam setara!
Demikian Soal Ujian PTS Bahasa Republic of Indonesia Semester Ganjil Kelas vii Tingkat MTs/SMP Tahun Pelajaran 2019/2020, biar bermanfaat.
Belum ada Komentar untuk "Soal Ujian Pts Bahasa Indonesia Semester Ganjil Kelas 7 Tingkat Mts/Smp Tahun Pelajaran 2019/2020."
Posting Komentar