Biodata Lengkap Marc Marquez Alenta Dan Karirnya Sepanjang Masa.


Marc Márquez Alenta (lahir di Cervera, Lleida, Spanyol, 17 Februari 1993; umur 26 tahun) yaitu pembalap motor berkebangsaan Spanyol yang memiliki gelar juara dunia kelas 125cc pada tahun 2010, kelas Moto2 pada tahun 2012, dan kelas MotoGP tahun 2013, 2014, 2016, 2017, dan 2018. 

Dia yaitu juara dunia termuda sepanjang sejarah MotoGP. Dan ia menjadi passenger termuda yang meraih v titel juara dunia di semua kelas memecahkan rekor Valentino Rossi.

Karier

Kejuaraan dunia 125cc
Marc Marquez membuat debutnya di kejuaraan pada tanggal thirteen Apr 2008 kelas 125cc, di GP Portugal 2008 pada usia fifteen tahun 56 hari. Dia yaitu pembalap termuda spanyol yang berhasil merebut posisi pole dan podium di ajang kejuaraan MotoGP.

Marquez memperoleh podium pertamanya tanggal 22 Juni 2008 di GP Inggris 2008 pada usia fifteen tahun 127 hari. Pada 2009, ia yaitu pembalap pabrikan KTM dan di GP Prancis 2009, ia memperoleh posisi pole pertamanya pada usia xvi tahun 89 hari. Dia juga meraih pole di GP Spanyol 2010 tetapi ia terkena bencana alam pada lap pertama ketika pipa knalpotnya jatuh dan berada di bawah ban belakang, yang menimbulkan Márquez mengalami kecelakaan berat dan mencederai bahunya. Kemenangan pertamanya diraih pada tanggal half dozen Juni 2010 di GP Italy 2010.
Lihat: Duel Sengit Marc Marquez VS Andrea Dovizioso di Sirkuit Red Bull Ring MotoGP Republic of Austria 2019
Kemenangan selanjutnya terjadi di GP Inggris 2010, GP Belanda 2010 dan GP Catalan 2010 yang menimbulkan Márquez sebagai pembalap termuda yang memenangkan empat balapan berturut-turut. Kemenangan kelimanya diraih di GP Jerman 2010 dan menjadi kemenangan Derbi yang ke-100 di kejuaraan MotoGP. Márquez menjadi pembalap pertama sejak Valentino Rossi di 1997 yang memenangkan v balapan berturut-turut di balapan 125cc. 

Empat kemenangan berturut-turut dari GP Jepang 2010 sampai GP Portugal 2010 telah menempatkan Márquez memimpin dengan 17 poin di atas Nicolas Terol dengan hanya satu seri yang tersisa. Di GP Portugal 2010, bendera merah berkibar di balapan lantaran yaitu hujan,sebelum bendera berkibar Márquez berada diposisi kedua di bawah Terol. 

Ketika kembali ke grid untuk balapan kedua, Márquez terjatuh pada lap pemanasan dan harus kembali ke pit. Dengan perbaikan, Márquez memulai outset di belakang setelah tidak berhasil keluar dari pit lane sebelum lima menit menjelang start. Meskipun demikian, Márquez berusaha bangkit sejak outset dan berhasil memenangkan perlombaan. 

Dengan demikian márquez memperpanjang keunggulannya sebelum seri terakhir di Valencia. Kemenangan kesepuluhnya pada ekspresi dominan 2010 membuatnya menyamai rekor yang dibuat oleh Valentino Rossi pada tahun 1997. Marquez berada pada posisi keempat di balapan terakhir GP Valencia 2010 dan menjadikannya juara dunia termuda kedua setelah Loris Capirossi.

Kejuaraan dunia kelas Moto2
Marquez pindah ke kelas Moto2 pada tahun 2011 sebagai pembalap tunggal dari tim baru Monlau Competición, yang dikelola oleh director pribadinya sendiri Emilio Alzamora. Marquez memulai ekspresi dominan 2011 dengan sepasang kecelakaan GP Qatar 2011 dan GP Spanyol 2011, setelah berbenturan dengan Jules Cluzel.Dia finis di posisi 21 di GP Portugal 2011, sebelum meraih kemenangan perdana kela Moto2 di GP Prancis 2011. Di seri kandangnya,GP Catalunya 2011, Márquez finis kedua di belakang Stefan Bradl, sebelum terjatuh di GP Inggris 2011, outset dari Pole Position pertamanya di Moto2. Dengan Bradl meraih kemenangan keempatnya, Márquez mengutitnya dengan poin 82. 

Di GP Jepang 2011, Márquez meraih pole seat ketujuhnya di ekspresi dominan itu tetapi berhasil dikalahkan oleh Andrea Iannone pada lomba.Di GP Commonwealth of Australia 2011 Marquez mengalami kejadian dengan menabrak Ratthapark Wilairot sehingga ia kena penalti komplemen 1 menit dari catatan waktu tercepatnya pada sesi kualifikasi. 

Akan tetapi, ia berhasil meraih podium ketiga walaupun harus kehilangan posisi pimpinan klasemen oleh Bradl. Marquez harus merelakan gelar juara dunia jatuh ketangan Bradl setelah tidak mengikuti dua seri terakhir lantaran yaitu mengalami masalah penglihatan.Pada ekspresi dominan 2012, Marquez dipastikan bertahan di kelas Moto2. Marquez berhasil meraih gelar juara dunianya pada ekspresi dominan 2012 setelah berhasil mendominasi dimusim itu.

MotoGP
Di 2013 Ia dipastikan akan membela tim Repsol Honda bersama Dani Pedrosa untuk tahun 2013 sampai 2015 dengan perpanjangan opsi kontrak 2016 menggantikan Casey Stoner yang pensiun di finally ekspresi dominan 2012. Pada tahun pertamanya di MotoGP. Márquez telah memenangkan half dozen perlombaan, half dozen kali podium kedua, dan four kali podium ketiga cukup untuk dirinya menjadi juara dunia pada tahun 2013. Pada tahun 2014, kehebatan Márquez terbukti dengan memenangkan thirteen dari xviii balapan, serta dengan thirteen Pole position. 


Dengan kemenangan itu, Márquez mampu mengunci gelar juara dunianya di sirkuit Motegi, Jepang. Sayangnya Márquez tidak mampu mempertahankan gelar juara dunianya pada tahun 2015. Dia hanya mampu memenangkan v perlombaan, dan half dozen kali gagal complete balasan terjatuh. Pada tahun 2016, ia mengubah gaya balapnya. Dan terbukti, konsistensinya mampu membawa Márquez meraih gelar juara dunianya yang ketiga. 

Dengan memenangkan v balapan, iii kali podium kedua, dan iii kali podium ketiga, Márquez mampu mengunci gelar juara dunianya di sirkuit Motegi, Jepang, dan sekaligus lantaran yaitu duo Yamaha Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo terjatuh yang membuat Márquez meraih titel ke-limanya di semua kelas semakin mudah. Pada tahun 2017, Maverick Vinales berlabuh dari tim Suzuki Ecstar ke tim Movistar Yamaha. Ia digadang-gadangkan akan menjadi pesaing terberat Márquez dalam perebutan juara dunia. Tapi pada kesudahannya Andrea Dovizioso lah yang menjadi menjadi pesaing Márquez. Pada gelaran balapan terakhir MotoGP ekspresi dominan 2017 di Valencia, Márquez dan Dovizioso terpisahkan oleh selisih 21 poin.

Saat balapan dimulai, Márquez memimpin jalannya balapan. Tidak lama setelah itu, Márquez disalip oleh Johann Zarco. Saat balapan hanya menyisakan beberapa lap, Márquez melebar ke expanse function off. Karena aksi penyelamatan yang hebat, Márquez tidak terjatuh dan mampu kembali ke trek di posisi ke-5. 

Tak lama setelah itu, Jorge Lorenzo terjatuh diikuti pula dengan jatuhnya rekan setimnya, Dovizioso, yang artinya Márquez memenangkan gelar juara dunia MotoGP ekspresi dominan 2017. Gelar ini yaitu gelar ke-6 di semua kelas dan ke-4 di MotoGP bagi seorang Marc Márquez.

Statistik
a. Musim ke musim


b. Kelas ke kelas


c. Balapan dari Tahun ke tahun


d. Penghargaan dan prestasi


Demikian Biodata Lengkap Marc Marquez Alenta dan Karirnya Sepanjang Masa. Semoga menginspirasi.

Belum ada Komentar untuk "Biodata Lengkap Marc Marquez Alenta Dan Karirnya Sepanjang Masa."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel