Mata Kuliah Pengantar Bisnis : Klarifikasi Bahan Potongan 2 Ihwal Perusahaan Dan Lingkungan Perusahaan.


Pada kesempatan ini kami menyebarkan Program Studi Akuntansi : Materi Mata Kuliah Pengantar Bisnis Semester 1.

Tujuannya memudahkan para mahasiswa untuk mendalami Materi Pengantar Bisnis Bab ii Perusahaan dan Lingkungan Perusahaan.

Berikut Materi Pengantar Bisnis Bab ii Perusahaan dan Lingkungan Perusahaan :


BAB 2 PERUSAHAAN DAN LINGKUNGAN PERUSAHAAN

1)Pengertian Perusahaan
Perusahaan ialah suatu organisasi produksi yang Menggunakan dan mengkoordinir sumber-sumber ekonomi untuk memuaskan kebutuhan dengan cara yang menguntungkan. 

Berdasarkan definisi ini mampu disimpulkan bahwa perusahahn memilik v unsur penting. Yaitu: organisasi, produksi, sumber ekonomi, kebutuhan dan cara yang menguntungkan.

2) Tempat kedudukan dan letak perusahaan
Tempat dan letak perusahaan merupakan salah satu faktor pendukung penting yang mampu menjamin tercapainya tujuan perusahaan. 

Dengan demikian daerah kedudukan dan letak perusahaan harus diputuskan dengan hati hati atas dasar fakta yang lengkap ditinjau dari aspek ekonomi maupun teknis, dan juga mempertimbangkan fleksibilitasnya terhadap kemungkinan planning di masa depan.

  • Tempat kedudukan perusahaan
Tempat kedudukan perusahaan ialah kantor pusat perusahaan tersebut yang pada umumnya dipengaruhi oleh faktor kelancaran korelasi dengan lembaga-lembaga lain.

  • Letak Perusahaan
Letak perusahaan ialah daerah perusahaan melakukan aktivitas fisik atau pabrik. Letak perusahaan dipengaruhi oleh faktor ekonomi dan merupakan salah satu faktor penting yang menunjang efisiensi perusahaan terutama dalam kaitannya dengan biaya.

  • Jenis letak perusahaan
Letak perusahaan mampu dibedakan menjadi four jenis, yaitu:
1. Terikat keadaan alam
Berkaitan dengan ketersediaan dan akomodasi materi baku.

2. Terikat sejarah
Berkaitan dengan alasan yang hanya mampu dijelaskan dengan sejarah.

3. Terikat oleh pemerintah
Dalam hal ini letak perusahaan ditetapkan oleh pemerintah atas dasar pertimbangan keamanan, politik, kesehatan dan sebagainya.

4. Dipengaruhi oleh faktor-faktor ekonomi
Faktor-faktor ekonomi yang sangat berpengaruh dalam pemilihan letak perusahaan yang bersifat industri antara lain kedekatan dan ketersediaan materi mentah,ketersediaan tenaga air, ketersediaan tenaga kerja, ketersediaan modal, akomodasi transportasi serta kedekatan pasar dan kesesuaian iklim.

3)Perusahaan dan lembaga sosial
Perusahaan merupakan suatu unit of measurement tindakan produksi yang menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat. Unit aktivitas mirip ini sering disebut lembaga sosial. 

Perlu dibedakan antara perusahaan dan lembaga sosial umum, dan yang membedakannya ialah pemfokusan prioritas perusahaan terhadap laba, kelangsungan hidup dan tanggung jawab sosial. Jika lembaga sosial lebih menitikberatkan prioritasnya terhadap tanggung jawab sosial, maka perusahaan ialah sebaliknya lebih berorientasi pada perolehan keuntungan.

a.Tujuan perusahaan
1)Keuntungan Maksimal (laba)
Laba merupakan kelebihan harga jual barang dan jasa di atas ongkos-ongkos yang Digunakan untuk menghasilkannya. Ongkos-ongkos ini terdiri dari upah pekerja, sewa tanah, dan bunga modal. 

Sebuah perusahaan dengan tujuan keuntungan maksimal biasanya ialah lembaga/badan usaha untuk mengadakan konsentrasi modal. Dengan tercapainya keuntungan maksimal maka tercapai pula tujuan-tujuan lain perusahaan, antara lain:
  • Kelangsungan hidup(survival)
  • Pertumbuhan perusahaan(growth)
  • Prestise
2)Kesejahteraan anggota
Lembaga dengan tujuan utama mencapai kesejahteraan anggota tubuh usahanya berbentuk koperasi yang bukan merupakan lembaga untuk mengadakan konsentrasi modal, tetapi konsentrasi orang.

3)Kesejahteraan Masyarakat
Lembaga/badan usaha dengan tujuan mencapai kesejahteraan masyarakat biasanya merupakan lembaga/badan usaha milih pemerintah(negara). Contohnya BULOG, PAM, PLN, PERUMNAS, PJKA dan sebagainya.

b.Perusahaan sebagai suatu sistem
Perusahaan ialah suatu sistem alasannya ialah ialah merupakan kombinasi dari berbagai sumber ekonomi yang secara pribadi atau tidak pribadi mensugesti proses produksi serta distribusi barang dan jasa untuk mencapai tertentu antara lain keuntungan, pemenuhan kebutuhan masyarakat,maupun tanggung jawab sosial.

c.Sifat sistem perusahaan
1) kompleks
2) sebagai kesatuan atau unit
3) beragam
4) saling bergantung
5) dinamis

d.Fungsi-fungsi perusahaan
1.Fungsi Operasi : Pembelian dan produksi, pemasaran, keuangan, personalia, fungsi operasi utama perusahaan, akuntansi, administrasi, teknologi informasi, transformasi dan komunikasi, pelayanan umum dan fungsi operasi penunjang.

2.Fungsi Manajemen : Perencanaan, pengorganisasian, pengarah, pengendalian.
e.Ciri-ciri perusahaan
1)Operatif, adanya programme ekonomi yang berkenaan dengan aktivitas produksi, penyedia/distribusi barang dan jasa.

2)Koordinasi, adanya koordinasi di dalam elemen-elemen perusahaan.

3)Regular, adanya keteraturan yang mampu mendukung programme supaya mampu selalau bergerak maju untuk mencapai kesinambungan perusahaan.

4)Dinamis, dapat mengikuti dan menyesuaikan diri terhadap perubahan lingkungan.

5)Formal, tunduk terhadap peraturan yang berlaku setelah memenuhi persyaratan pendirian

6)Lokasi, perusahaan didirikan pada suatu daerah tertentu dalam suatu daerah yang terperinci letak geografisnya.

7)Pelayanan bersyarat, keberhasilan perusahaan tersebut terhadap visi dan misi dalam suatu daerah yang secara geografis jelas.

4) Lingkungan perusahaan
Secara umum lingkungan perusahaan dibagi menjadi dua macam:
a)Lingkungan eksternal : faktor-faktor diluar dunia usaha yang mensugesti aktivitas perusahaan. Faktor ini ada yang memepengaruhi secara pribadi pada aktivitas usaha (eksternal mikro) maupun secara tidak pribadi (eksternal makro).

b)Lingkungan Internal : faktor-faktor yang berada di dalam aktivitas produksi dan pribadi mensugesti hasil produksi.

5) Pendekatan dalam melihat bisnis dan lingkungan
Kesempatan bisnis atau bisnis selalu dipengaruhi oleh lingkungan. Perusahaan yang tidak dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan maka akan tersingkir dari dunia bisnis.Pendekatan yang dilakukan dalam melihat bisnis dan lingkungan ialah dengan cara melihat daerah kedudukan dan perusahaan, mengerti jenis-jenis lingkungan perusahaan dan pengaruhnya terhadap perusahaan. 

Pada awalnya pendekatan ini dilakukan dengan berorientasi pada produsen yang bererti semua produk apa saja akan terjual. Tetapi seiring berjalannya waktu dan bertambah ketatnya persaingan antar pengusaha maka orientasinya berubah menjadi kepada konsumen.

Demikian, biar bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Mata Kuliah Pengantar Bisnis : Klarifikasi Bahan Potongan 2 Ihwal Perusahaan Dan Lingkungan Perusahaan."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel