Cara Menulis Abjad Bali Di Komputer

 Pada kesempatan ini saya mau berbagi suatu hal yang menarik untuk sahabat  Cara Menulis Aksara Bali Di Komputer
Gambar 1.

Hai teman, berjumpa lagi dengan saya. Pada kesempatan ini saya mau berbagi suatu hal yang menarik untuk sahabat – sahabat yang orang Bali menyerupai saya. 

Apakah sahabat sudah hafal yang namanya karakter Bali?. Aksara Bali, yang bunyinya (H)A, Na, Ca, Ra, Ka, Da, Ta, Sa, Wa, La, Ma, Ga, Ba, Nga, Pa, Ja, Ya, Nya. Tapi disini saya tidak akan mengajari perihal itu, lantaran saya juga baru belajar, Hehehe.

Seperti yang diketahui, pelajaran karakter Bali biasanya kita mulai mampu sejak masih SD (Sekolah Dasar). Selain mengucapkannya, diajarkan juga cara menulisnya. Banyak buku – buku yang berisi karakter Bali, tapi apakah sahabat juga ingin menulis (mengetik) karakter Bali pada komputer sendiri?. Jika Iya, lanjutkan membaca artikel ini.

Cara yang kita gunakan adalah dengan perlindungan sebuah font yang bernama Bali Simbar. Dengan ini kita mampu mengetik gaya karakter Bali pada aplikasi populer Microsoft Office. Font ini dibuat oleh orang Bali sendiri yang bernama Made Suatjana, kita patut ucapkan terima kasih kepada beliau.

Oke tidak usah berlama - lama lagi...

Tutorial - Menulis Aksara Bali Di Komputer.

Siapkan dulu font Bali Simbar-nya. Jika belum punya, sahabat mampu mengunduhnya lewat link berikut – Unduh Bali Simbar.

Filenya berbentuk ZIP, jadi silahkan ekstrak dulu. Setelah di ekstrak, maka akan tercipta sebuah folder dan di dalamnya akan berisi sebuah file:

  • b_simbar.ttf – File font Bali Simbar yang nantinya akan kita pasang pada komputer.
 Pada kesempatan ini saya mau berbagi suatu hal yang menarik untuk sahabat  Cara Menulis Aksara Bali Di Komputer
Gambar 2.


Setelah itu, pasang fontnya. Berikut adalah cara memasang font Bali Simbar pada komputer. Klik kanan pada file b_simbar.ttf, kemudian pada sajian pilih “Install”. Selesai...

 Pada kesempatan ini saya mau berbagi suatu hal yang menarik untuk sahabat  Cara Menulis Aksara Bali Di Komputer

 Gambar 3.


Sebenarnya sampai disini sudah tanggapan proses pemasangannya. Untuk memastikan fontnya berhasil terpasang pada Windows, sahabat mampu mengeceknya dengan klik “Start” > “Control Panel” > “Font”. 

Dan berikut adalah screenshot yang saya ambil dari komputer saya. Fontnya sudah terpasang dengan nama Bali Simbar-B.

 Pada kesempatan ini saya mau berbagi suatu hal yang menarik untuk sahabat  Cara Menulis Aksara Bali Di Komputer
Gambar 4.

Bagaimana? praktis bukan cara memasangnya?. Nah berikut adalah cara menerapkan font Bali Simbar pada aplikasi Microsoft Office Word:

Silahkan buka aplikasi Ms. Office Word, sesudah itu pada tab “Home”, pilih font Bali Simbar seperti gambar dibawah ini.

 Pada kesempatan ini saya mau berbagi suatu hal yang menarik untuk sahabat  Cara Menulis Aksara Bali Di Komputer
 Gambar 5.

Setelah itu kemudian sahabat mampu coba dengan mengetikkan sebuah huruf, misalnya huruf “H”. Lihatlah hasilnya.

 Pada kesempatan ini saya mau berbagi suatu hal yang menarik untuk sahabat  Cara Menulis Aksara Bali Di Komputer
Gambar 6.

Disini sahabat mampu bebas mengetik sepuasnya dengan gaya tabrakan pena karakter Bali. Tapi perlu sahabat ingat, font ini tidak akan otomatis menerjemahkan apa yang diketik, jadi perlu penyesuaian dulu. Untuk jenis yang lainnya menyerupai “gantung – gantungan”, sahabat mampu lihat dari tool bawaan Windows yang bernama Character Map.

Cara membukanya adalah dengan melalui “Start” > “All Programs” > “Accessories” > “System Tools” > “Character Map”.

 Pada kesempatan ini saya mau berbagi suatu hal yang menarik untuk sahabat  Cara Menulis Aksara Bali Di Komputer
Gambar 7.

 Pada kesempatan ini saya mau berbagi suatu hal yang menarik untuk sahabat  Cara Menulis Aksara Bali Di Komputer
Gambar 8.

 Pada kesempatan ini saya mau berbagi suatu hal yang menarik untuk sahabat  Cara Menulis Aksara Bali Di Komputer
Gambar 9.


Oke, sekian dulu artikel Cara Menulis Aksara Bali Di Komputer.

CATATAN: Tutorial ini sudah di tes Menggunakan komputer dengan sistem operasi Windows 7 dan Windows 8.1, dengan Microsoft Office 2010 dan 2013.

SEMOGA BERMANFAAT dan TERIMA KASIH

Belum ada Komentar untuk "Cara Menulis Abjad Bali Di Komputer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel