Menampilkan Pesan Ketika Startup Pada Windows

Tidak sengaja saya mendapatkan trik ini dari ebook yang saya download dari internet. Menarik juga untuk di coba, apalagi untuk yang suka iseng-iseng ibarat saya. 

Trik ini Menggunakan script VBS (Visual Basic Sript). Seperti yang di ketahui, dengan script VBS dan jikalau punya pengetahuan programming akan mampu membuat dan melakukan apa aja pada komputer, ibarat menampilkan pesan (message box) pada ketika startup. Atau yang lebih “parah” lagi, mampu membuat virus yang cukup membuat sistem error.

Namun tenang saja, script ini tidak berbahaya kok. Hanya menampilkan pesan saja, pesan yang ditampilkan mampu berupa pesan selamat datang, atau pesan pengingat, atau apapun yang Anda inginkan.

Baiklah, pribadi saja ke tutorialnya...

Tutorial:
Langkah pertama, silahkan Anda buka aktivitas Notepad. Caranya klik “Start” > “All Programs” > “Accessories” > “Notepad”. Sehingga akan muncul jendela aktivitas Notepad. Atau mampu juga dengan membuka “Run”, tekan tombol Win+R, setelah itu ketik kata Notepad dan lalu “OK”. 

 Tidak sengaja saya mendapatkan trik ini dari ebook yang saya download dari mesh Menampilkan Pesan Saat Startup Pada Windows

Setelah itu, pada Notepad ketik script berikut: 

msgbox "Menampilkan pesan pada ketika startup...", vbokonly + vbinformation, "Pesan".

Keterangan:
- Tulisan warna merah = Pesan yang ditampilkan.
- Tulisan warna hijau = Judul pesan

 Tidak sengaja saya mendapatkan trik ini dari ebook yang saya download dari mesh Menampilkan Pesan Saat Startup Pada Windows

Pastikan script di ketik dengan benar. Jika sudah, silahkan Anda simpan dengan ekstensi file *.vbs (harus *.vbs). Caranya, pada aktivitas Notepad, klik bill of fare “File” > “Save As...”. Setelah muncul jendela Save As, silahkan pilih simpan di desktop aja (agar simpel nyarinya). Silahkan lihat keterangan di bawah:

File name: = Ketik nama file yang Anda inginkan, beserta ekstensi .vbs (contoh: pesan.vbs).
Save equally type: = Pilih “All Files”. 

 Tidak sengaja saya mendapatkan trik ini dari ebook yang saya download dari mesh Menampilkan Pesan Saat Startup Pada Windows

Setelah semuanya sudah, klik tombol “Save”. Maka akan muncul file yang disimpan tadi pada desktop, dengan nama pesan.vbs. Silahkan pindahkan file pesan tadi misalnya ke C:\Windows.

 Tidak sengaja saya mendapatkan trik ini dari ebook yang saya download dari mesh Menampilkan Pesan Saat Startup Pada Windows

 Tidak sengaja saya mendapatkan trik ini dari ebook yang saya download dari mesh Menampilkan Pesan Saat Startup Pada Windows

Diatas ialah langkah – langkah untuk membuat file pesan dan sudah menaruhnya pada C:\Windows. Nah, sekarang kita akan membuat biar sistem otomatis mengeksekusi/menjalankan file pesan tadi ketika startup, caranya adalah...

Buka Registry Editor, tekan Win+R untuk membuka Run. Kemudian pada Run ketik “regedit” (tanpa tanda kutip), lalu klik “OK”.

 Tidak sengaja saya mendapatkan trik ini dari ebook yang saya download dari mesh Menampilkan Pesan Saat Startup Pada Windows

Pada Registry Editor, silahkan pergi ke HKEY_CURRENT_USER => Software = > Microsoft = > Windows => CurrentVersion => Run.

 Tidak sengaja saya mendapatkan trik ini dari ebook yang saya download dari mesh Menampilkan Pesan Saat Startup Pada Windows

Setelah itu pada sebelah kanan buat value baru dengan cara, klik kanan pada surface area kosong lalu pilih “New” => “String Value”. 

Beri nama value tersebut terserah (misal: pesan). Setelah itu, klik 2X value tersebut dan rubah value datanya dengan lokasi file pesan beserta nama file yang dibuat sebelumnya, ibarat pola “C:\Windows\pesan.vbs”.

 Tidak sengaja saya mendapatkan trik ini dari ebook yang saya download dari mesh Menampilkan Pesan Saat Startup Pada Windows

Oke, sampai disini gotong royong sudah selesai. Untuk mengeceknya silahkan tutup dulu Registry Editornya dan lalu restart komputer kamu. Jika tidak ada kesalahan maka akan muncul pesan ibarat dibawah ini.

 Tidak sengaja saya mendapatkan trik ini dari ebook yang saya download dari mesh Menampilkan Pesan Saat Startup Pada Windows

Bagaimana? Mudah bukan?... Sekian dulu artikel Cara Menampilkan Pesan Saat Startup Windows.

SEMOGA BERMANFAAT

Belum ada Komentar untuk "Menampilkan Pesan Ketika Startup Pada Windows"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel