Mata Kuliah Pengantar Bisnis : Klarifikasi Bahan Kepingan 1 Ihwal Ruang Lingkup Bisnis Ruang Lingkup Bisnis.


Pada kesempatan ini kami berbagi Program Studi Akuntansi : Materi Mata Kuliah Pengantar Bisnis Semester 1.

Tujuannya memudahkan para mahasiswa untuk mendalami Materi Pengantar Bisnis Bab ane Ruang Lingkup Bisnis Ruang Lingkup Bisnis Semester ane Jurusan Akuntansi.

Berikut Materi Pengantar Bisnis Bab ane Ruang Lingkup Bisnis Ruang Lingkup Bisnis :

BAB 1 RUANG LINGKUP BISNIS

1) Pengertian bisnis dan jenisnya
Menurut arti dasarnya bisnis memiliki makna sebagai the buying together with selling of goods together with services.

Bisnis ialah pertukaran barang, jasa atau uang yang saling menguntungkan atau menawarkan manfaat.(Skinner,1992)

Pengertian Bisnis sanggup dibedakan dalam pengertian yang sempit dan pengertian yang luas. Jika kita berorientasi pada pengertian yang sempit maka bisnis tidak lain dari fiksi. Sedangkan dalam arti yang lebih luas, bisnis merupakan usaha yang terkait erat dengan dunia ekonomi juga politik. Hal ini disebabkan dunia ekonomi dan dunia politik pada dasarnya merupakan suatu kekerabatan yang saling tergantung, dan yang turut mencerminkan efektifitas suatu masyarakat dalam gerak usahanya. (J.S. Nimpoena(1985)).
  • Jenis aktivitas bisnis
Ruang lingkup aktivitas bisnis sangat luas, akan tetapi pada dasarnya aktivitas bisnis sanggup dibagi menjadi iii aspek, ialah :

a)Aspek Produksi
Produksi diartikan sebagai aktivitas yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Dalam arti luas tersebut, produksi sanggup dibedakan menjadi iii macam, ialah :

1. Produksi primer
Yang termasuk dalam produksi primer ialah aktivitas ekstraksi atau penarikan sumber daya alam atau aktivitas yang Menggunakan sumber daya yang tersedia dalam kondisi alamiah.

2. Produksi sekunder
Yang termasuk dalam produksi sekunder ialah sumber daya alam atau materi mentah diproses diolah menjadi barang.

3. Produksi tersier
Yang dihasilkan dari produksi tersier ialah berupa pertolongan fasilitas layanan (jasa) pendukung, bukannya barang-barang berwujud.

b)Aspek Distribusi
Distribusi ialah aktivitas pemindahan barang jasa dari produsen kepada konsumen. 

Pada umumnya distribusi meliputi kegiatan-kegiatan sebagai berikut :
  • Pemindahan materi baku dari pemasok (supplier) kepada awal mula lini produksi.
  • Melibatkan penyimpanan penanganan materi baku barang jadi.
  • Pengemasan.
  • Pengendalian persediaan.
  • Transportasi kepada konsumen

c)Aspek Konsumsi
Konsumsi ialah aktivitas penggunaan barang jasa yang diharapkan oleh konsumen. Kebutuhan atau tumpuan konsumsi seseorang sanggup dipengaruhi oleh faktor yang beragam. 

Dengan melihat tumpuan konsumsi yang beragam, produsen sanggup membuat suatu perencanaan yang lebih baik untuk memilih bagaimana peluang diterimanya barang atau jasa yang diproduksi tersebut oleh konsumen. Dan biasanya, produsen mempromosikan keberadaan barang atau jasa tersebut secara luas khususnya kepada konsumen.

2)Tujuan Bisnis
Tujuan bisnis meliputi(Skinner,1992) :
1.Profit (keuntungan)
2.Mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan
3.Pertumbuhan perusahaan
4.Tanggung jawab sosial

Keempat tujuan bisnis tersebut saling terkait, karena keuntungan perusahaan Digunakan untuk mempertahankan hidup perusahaan dan menumbuh kembangkan perusahaan serta merupakan bukti tanggung jawab sosial perusahaan dalam bentuk menawarkan lapangan pekerjaan kepada masyarakat. 

3)Sistem perekonomian dan sistem pasar

A. SISTEM PEREKONOMIAN

Secara umum ada iv bentuk sistem perekonomian di dunia, yaitu:

1)Kapitalisme
Dalam sistem perekonomian kapitalisme, seseorang bebas untuk memiliki kekayaan, perusahaan, bersaing secara bebas dalam pasar, dan memilih miliknya kemudian. Dalam hubungannya dengan pasar, seseorang bebas memilih dan membuat barang dan jasa yang diinginkan.

2)Sosialisme
Pada sistem perekonomian sosialisme, seseorang relatif bebas untuk memilih usaha, tetapi pemerintah turut campur tanagn dengan berusaha menyesuaikan kebutuhan individu dengan kebutuhan masyarakat.

3)Fasisme
Pada sistem perekonomian fasisme, orang bebas memilih tempat yang diinginkan namun harus atas persetujuan pemerintah.
4)Komunisme
Pada sistem perekonomian komunisme, hak milik seseorang dihapuskan, semua masyarakat ialah karyawan negara. Di sini negara yang memilih semua perekonomian, kebebasan politik diawasi secara ketat.

Sedangkan menurut Skinner (1992) sistem ekonomi di dunia pada dasarnya ada iii tipe yaitu:

1)Ekonomi terencana(a planned economy)
Pemerintah sanggup menguasai produksi hampir semua barang dan jasa.

2)Kapitalisme murni
Perusahaan swasta sanggup menguasai produksi hampir semua barang dan jasa.

3)Ekonomi campuran (a mixed economy)
Sebagian produksi dikuasai oleh pemerintah dan sebagian lagi oleh swasta.

B. SISTEM PASAR

1.Pasar persaingan sempurna
Pasar dimana dalam suatu industri terdapat sangat banyak penjual maupun pembeli dan produk yang diperdagangkan bersifat homogen.

2.Pasar monopoli
Pasar dimana dalam sebuah industri hanya terdapat sebuah perusahaan dan produk yang dihasilkan tidak memiliki pengganti yang sempurna.

3.Pasar persaingan monopolistis
Pasar dimana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang yang berbeda corak (Differentiated Product) dan pada dasarnya ialah pasar yang berada diantara dua pasar yang ekstrim, ialah pasar persaingan tepat dan pasar monopoli.

4.Pasar Oligopoli
Pasar yang hanya terdiri dari beberapa produen saja yang menghasilkan barang standar maupun barang yang berbeda coraknya, dengan kemampuan memilih harga ada kalanya berpengaruh maupun lemah dan biasanya memerlukan promosi. Jika hanya dua perusahaan disebut duopoli.
4)Kesempatan bisnis/usaha
Mulainya suatu usaha dilakukan karena adanya peluang atau kesempatan dan tertarik oleh keuntungan yang diharapkan dari usaha tersebut. Mengidentifikasi peluang bisnis sangat perlu dilakukan oleh para calon pengusaha. 

Pengidentifikasian peluang bisnis menuntut sesuatu yang baru, ibarat produk baru, jasa baru, dan pasar atau pelanggan baru. Pendekatan mengidentifikasi peluan bisnis terdiri dari ii fase, yaitu:
1)Menemukan gagasan

Berikut ialah ‘tempat’ untuk memperoleh gagasan-gagasan peluang bisnis:
a)Diri sendiri
b)Pelanggan
c)Pasar
d)Produk yang gagal

Selain keempat tempat yang telah disebutkan diatas, ada sebagian pengusaha yang berpandangan bahwa setiap masalah yang muncul atau dihadapi insan merupakan sumber gagasan bisnis.

2)Mengidentifikasi peluang bisnis
Setelah mengembangkan suatu gagasan seorang pengusaha haruslah mengidentifikasi peluang bisnis yangada. 

Dengan langkah-langkah berikut yang harus dilakukan secara berurutan:
a)Analisis persoalan
b)Analisis situasi
c)Merumuskan wilayah yang tidak diketahui
d)Mensurvei pelanggan sasaran

5)Unsur-unsur penting dalam programme ekonomi

  • Keinginan manusia
  • Faktor-faktor produksi
  • Cara-cara berproduksi( Techniques of production) 
6)Hakikat bisnis
Dasar dalam memahami bisnis ialah memahami ilmu ekonomi. Karena bisnis merupakan suatu bentuk dari aktivitas ekonomi. 

Ekonomi merupakan studi wacana bagaimana suatu masyarakat memilih untuk Menggunakan sumber-sumber daya yang langka untuk menghasilkan atau memproduksi barang dan jasa dan mendistribusikannya kepada masyarakat untuk dikonsumsi. 

Beberapa kunci untuk memahami ekonomi:
1)Sumber-sumber daya
  • Sumber daya Alam
  • Sumber daya modal
  • Sumber daya insan (tenaga kerja)

2)Barang dan Jasa
Barang dan jasa merupakan hasil pengolahan/produksi dari sumber daya yang ada.

3)Alokasi sumber daya
Langkanya sumber daya dibandingkan dengan kebutuhan/keinginan insan membuat insan harus memilih pilihan bagaimana sumber daya tersebut akan digunakan. Untuk membuat pilihan tersebut ada beberapa pertanyaan ekonomi mendasar yang sanggup diajukan yaitu:
  1. Barang dan jasa apa saja yang akan diproduksi dan berapa jumlahnya?
  2. Bagaimana barang dan jasa tersebut akan diproduksi dan oleh siapa?
  3. Siapa yang akan Menggunakan dan memanfaatkan barang dan jasa tersebut? Dan kapan barang dan jasa tersebut akan dibagikan?

Dalam ekonomi perdagangan bebas, alokasi sumber daya juga meliputi isu-isu yang lain ibarat “haruskah kebutuhan kemakmuran dan kesuksesan perusahaan dipertimbangkan? Prioritas apa yang harus diberikan kepada kebutuhan pemerintah akan sumber daya?”. 

Kegiatan pengalokasian ini juga termasuk aktivitas pertukaran antara bisnis/produsen dengan konsumen yang saling menguntungkan antara kedua belah pihak. Bisnis menghasialkan profits dan konsumen/pelanggan dipuaskan oleh barang dan jasa yang ditawarkan bisnis/produsen.

Bila dikaitkan dengan dunia bisnis maka Ekonomi akan berperan dalam menentukan:
  1. Budaya ekonomi ataupun gaya bertindak sebagai insan ekonomi
  2. Corak ragam sumber daya insan yang berkecimpung dalam dunia bisnis berikut pengembangan insan dan hambatannya.
  3. Kondisi teknologi dan manajemen pada umumnya, serta konsistensi dan inkonsistensinya dengan laju pembangunan.

Fungsi masyarakat yang berkaitan dengan dunia bisnis:
  • Fungsi sosial

Tercapainya kesejahteraan fisik dengan memanfaatkan sumber daya dan fasilitas yang ada pada masyarakat.
  • Fungsi politik

Fungsi ini bersangkutan dengan proses-proses sosial yang meliputi proses pengambilan keputusan dan juga proses distribusi nilai-nilai tertentu untuk mencapai suatu tujuan yang diwarnai oleh kebudayaan yang berlaku di masyarakat tersebut.

7) Alasan mengapa perlu belajar bisnis

1)Adanya saling ketergantungan
Manusia ialah makhluk sosial yang saling tergantung satu sama lain baik secara private maupun kolektif. Seiring dengan kemajuan zaman yang mengakibatkan makin beragamnya kebutuhan dan harapan insan maka ‘saling ketergantungan’ ini pun makin meningkat. Yang mengakibatkan insan melakukan tindakan ekonomi atau bisnis.

2)Adanya peluang internasional
Meningkatnya globalisasi di dalam dunia bisnis telah membuka peluang bisnis. Era gres dunia bisnis dalam pasar internasional memerlukan pemimpin bisnis yang tahu bagaimana memulai, mengoprasikan dan melanjutkan usahanya.

3)Usaha untuk mempertahankan dan meningkatkan standar hidup
Standar hidup membuktikan jumlah barang dan jasa yang dipandang rata-rata sebuah keluarga atau individu sebagai suatu kebutuhan. Perkembangan teknologi dan kemampuan suatu perusahaanmengantisipasi kebutuhan insan bisa mengubah standar hidup seseorang.

4)Adanya perubahan
Bisnis bersifat dinamis yang artinya bisnis selalu berubah. Mengikuti perubahan-perubahan tersebut sanggup lebih mudah,efisien dan mengurangi traumatik, kalau kita memahami ilmu bisnis.

5)Mencegah kesalahpahaman
Memahami bisnis sanggup mencegah terjadinya kesalahpahaman, kesalahan informasi dan ketidakakuratan information yang kita terima sebagai sesuatu yang benar sehingga membantu kita memisahkan fakta dan fiksi dalam isu-isu bisnis.

Belum ada Komentar untuk "Mata Kuliah Pengantar Bisnis : Klarifikasi Bahan Kepingan 1 Ihwal Ruang Lingkup Bisnis Ruang Lingkup Bisnis."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel