Istilah-Istilah Dalam Teknik Informatika Dan Komputer



 admin ingin berbagi ilmu mengenai istilah Istilah-istilah Dalam Teknik Informatika dan Komputer


Pada postingan kali ini, admin ingin berbagi ilmu mengenai istilah-istilah dalam dunia Teknik Informatika dan Komputer. Istilah-istilah ini admin pelajari saat berada di Semester 1 Prodi TIF. Berikut ini ialah istilah-istilah dalam TIK:

A
  1. ABI (Application Binary Interface): Pemafaran spesifikasi perangkat keras dan sistem operasi yang sedang digunakan. 
  2. Access : Kegiatan mengambil atau menyimpan information dari atau ke memori yatu ke disk drive. 
  3. Accessibillity : Cara men-set tombol, suara, tampilan dan lain sebagainya pada sistem operasi Windows. 
  4. Access Method : Perangkat lunak yang mengontrol pemindahan information antara penyimpanan utama dan peralatan input dan output dalam sebuah sitem. 
  5. Access Time : Waktu yang dibutuhkan untuk mengambil atau memasukkan information dari atau ke memori. 
  6. Accessories : Pada sistem operasi Windows, accessories adalah program-program, misalnya Calculator, Notepad, Wordpad, Paint dan lain sebagainya. 
  7. Accumulator : Bagian dari arithmatic unit of measurement sebuah komputer untuk menyimpan hasil dari perhitungan sementara atau beberapa operasi lain. 
  8. Acknowledge : Tanda dari terminal penerima bahwa pengiriman pesan telah sampai tanpa ada kesalahan. Acknowledge berasal dari kata Acknowledgement
  9. Accoustic Coupler : Alat sejenis modem sederhana untuk mengirim data-data komputer melalui saluran telepon. Alat ini mengubah sinyal biner menjadi sinyal akustik untuk diterima mikrofon telepon, sinyal akustik dari speaker telepon akan diubah menjadi sinyal digital. 
  10. ACL (Access Control Unit) : Metode untuk membatasi penggunaan layanan secara selektif yaitu dengan menciptakan daftar layanan mana yang boleh diakses maupun yang dihentikan oleh host tertentu. 
  11. ACPI (Advanced Configuration Power Interface) : Sebuah teknologi yang memungkinkan sistem operasi mengontrol jumlah daya listrik yang Digunakan oleh setiap perangkat yang dipasang pada komputer. 
  12. Active Task Button : Tombol perintah yang terletak pada taskbar  yang akan muncul jikalau sebuah perintah harus dieksekusi. 
  13. Active : Segala sesuatu yang bekerjasama dengan setiap alata atau sistem yang sedang Digunakan saat ini. 
  14. ActiveX : Lingkungan pemrograman yang dilakukan oleh Microsoft untuk menciptakan sistem yang aktif pada halaman web, yang juga mendukung Java, JavaScript, Visual Basic dan bahasa-bahasa pemrograman lainnya yang semuannya itu terbatas dan hanya sanggup Digunakan pada Internet Explorer.
  15. ADC(Analog/Digital Converter:Alat yang Digunakan untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital.
  16. Add - in : Peralatan pemanis yang dipasangkan pada salah satu board yang tersedia. Program-program pendukung yang ditambahkan pada sebuah aktivitas aplikasi.
  17. Address : Angka-angka yang mengatakan lokasi di dalam memori sebagai tempat tersimpannya informasi.
  18. Adobe PageMaker :Perangkat lunak aplikasi yang mengolah information untuk kebutuhan pembuatan desain layout buku, embrace untuk majalah, koran, dll. Biasanya Digunakan oleh jenis usaha setting komputer untuk keperluan pembuatan kartu undangan, kartu nama, kartu ucapan, kop surat, dan lain sebagainya.
  19. Adobe Photoshop :Perangkat lunak aplikasi yang mengolah information gambar dan grafis untuk kebutuhan printing, desain grafis.
  20. ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Lines:Pengiriman information digital tingkat tinggi di atas jalur trouble telepon. 
  21. Advertiser :Sama artinya dengan Merchant, yaitu pedagang atau perusahaan yang mengatakan komisi.
  22. Affiliate Site :Halaman dimana iklan merchant dimasukkan. Kita bisa memasukkan iklan merchant ke sembarang halaman yang ada dalam website, dan letaknya boleh disembarang tempat.
  23. AGP (Accelerated Graphics Port:Sebuah motorcoach grafik berkecepatan tinggi yang secara langsung menghubungkan kartu grafis dengan memori utama. AGP beroperasi independen dan terpisah dengan PCI motorcoach dan umumnya berjalan pada 66MHz yaitu dua kali kecepatan PCI yang berjalan pada 33MHz. AGP 1x melaksanakan satu kali transfer per siklus kerja untuk melaksanakan transfer information maksimum 266 MB per detik. AGP 2x melaksanakan dua kali transfer information per satu siklus kerja yaitu 533 MB per detik sedangkan AGP 4x melaksanakan empat kali transfer per satu siklus kerja yaitu 1,06 GB per detik. Sedangkan kecepatan transfer information maksimum pada PCI sendiri ialah 132 MB per detik.
  24. AI (Artificial Intelligence:Ilmu yang mengembangkan komputer supaya sanggup bekerja dan berpikir serta mengambil keputusan seolah-olah layaknya manusia.
  25. ALGOL (Algortihmic Oriented Language:Bahasa pemrograman tingkat tinggi yang Digunakan untuk merampungkan problem dalam langkah-langkah yang terbatas. Umumnya untuk menciptakan program-program science
  26. Aligment :Dalam jaringan komputer merupakan proses meratakan komponen sebuah sistem terhadap komponen lainnya. Misalnya sinkronisasi waktu komputer dari suatu sistem.
  27. Align :Dari kata alignment, yaitu perintah dalam aktivitas pengolah kata untuk meratakan sebuah naskah, apakah rata kiri, kanan, atau tengah.
  28. Allocate :Instruksi untuk meletakkan sebagian memori komputer atau unit of measurement lainnya di bawah kontrol aktivitas komputer.
  29. Alpha Numeric :Campuran antara karakter dan angka termasuk karakter (A-Z;a-z), tanda baca dan beberapa karakter khusus misalnya @, #, $, *, dan sebagainya.
  30.  Alias :Nama kedua sebuah file, umumnya nama kedua lebih pendek dan praktis untuk diingat daripada nama pertama.
  31. ALOHA :Teknik pengawasan saluran tingkat menengah untuk media transmisi yang menangani banyak akses. Pengiriman information akan dilakukan kapan saja oleh sebuah stasiun. Pengiriman ini akan diulang apabila mendapatkan tanggapan NAK (terdapat kesalahan pengiriman) dari stasiun tujuan.
  32. Alt Key :Nama tombol pada keyboard yang terletak di sebelah kanan dan kiri tombol spasi. Tombol ini gres berfungsi apabila ditekan bersamaan dengan tombol lain. Dalam lingkungan Windows, tombol ini bersama dengan karakter tertentu sanggup Digunakan untuk membuka dan memilih perintah pada hidangan secara cepat.
  33. ALU (Arithmetic too Logical Unit) :Bagian dari CPU yang mempunyai kegunaan untuk memproses information secara budi dan juga data-data yang memerlukan perhitungan. ALU terdiri dari register-register untuk menyimpan informasi.
  34. AMD760 :Chipset AMD760 adalah chipset AMD untuk prosesor Athlon.
  35. Analog:Bentuk dari komunikasi elektronik yang Menggunakan gelombang elektromagnetik yang kontinu, seolah-olah televisi dan radio. 
  36. Analog Sinyal :Gelombang elektromagnetik yang sinambung, mempunyai kemampuan untuk dipancarkan melalui beragam media dan jangkauannya jauh lebih besar daripada sinyal digital.
  37. AND :Salah satu operator budi dari Aljabar Boolean untuk membandingkan apakah dua variable akan menghasilkan nilai benar (1) atau salah (0) dengan aturan sebagai berikut : AND 0 ô€ƒ† 0 ,0 AND 1 ô€ƒ† 0 ,AND 0 ô€ƒ† 0.
  38. Anti Virus Program yang dibuat khusus untuk mendeteksi file di dalam suatu campaign apakah terkena virus atau tidak.Program ini sekaligus menghilangkan virus tersebut.
  39. Application Program :Program komputer yang dibuat untuk mengerjakan atau merampungkan masalah-masalah khusus, misalnya aktivitas penggajian.
  40. ARPANET : Jaringan komputer yang dikembangkan dengan bantuan Advanced Research Project Agency, merupakan cikal bakal dari Internet.
  41. Assembler :Program yang berfungsi untuk mengkonversi aktivitas dengan bahasa Assembly ke dalam bahasa mesin.
  42. Assembly :Proses penerjemahan aktivitas yang ditulis dengan bahasa pemrograman simbol ke dalam bahasa mesin.
  43. Assembly Language :Bahasa pemrograman tingkat rendah yang lebih menyerupai bahasa mesin dalam bentuk yang praktis diingat. 

      B
  1. Background : Warna atau gambar yang disusun untuk menciptakan efek latar belakang dalam halaman web. 
  2. Backplane : Warna atau gambar yang disusun untuk menciptakan efek latar belakang dalam halaman web. 
  3. Backspace : Tombol keyboard bersimbl yang terletak diatas tombol Enter. Berfungsi untuk menghapus saut karakter sebelum kursor saat ini. 
  4. Backup : Salinan dari file aktivitas atau file information yang dibuat untuk memberi jaminan biar information yang ada tidak hilang atau terhapus apabila terjadi sesuatu pada file aslinya. 
  5. Bandwith : Kapasitas transmsisi dari sambungan elektronik seolah-olah jaringan komunikas,i motorcoach komputer dan komputer channel. Biasa dilambangkan dengan fleck per second atau Hertz
  6. Banner : Bagian yang tidak bergerak dalam dokumen Web sekalipun kita menggulung scroolbar samapi ke tamat dokumen. Sekarang ini hanya Ineternet Explorer yang mendukung perintah banner. 
  7. Bar Code : Karakter numerik yang ditampilkan dalam bentuk balok-balok dengan beragam ketebalan. 
  8. Baterai CMOS : Baterai ini berfungsi untuk memberi tenaga pada motherboard dalam mengenali konfigurasi yang terpasang, saat ia tidak atau belum mendapatkan daya dari power supply. 
  9. Baud : Satuan kecepatan sinyal digita, yaitu batasan yang Digunakan untuk mengatakan tingkat kecepatan transmisi data. Biasanya dihitung dalam fleck per detik. 
  10. Binary : Sistem penomoran yang Digunakan komputer, hanya terdiri dari dua digit, yaitu 1 dan 0. Hal ini disebabkan sirkuit elektronik yang Digunakan komputer hanya mempunyai dua condition on dan off. 
  11. BIOS (Basic Input Output System) : 1. Bagian dari sistem operasi yang bisa mengidentifikasi gear upward aktivitas yang Digunakan untuk mem-boot  komputer, sebelum menempatkan disket sistem. BIOS terdapat di ROM (Read Only Memory) dari sistem dan umumnya tersimpan secara permanen. 2. Program yang Digunakan mikroprosesor untuk menyalakan komputer. BIOS juga mengatur pedoman information antara sistem operasi komputer dan perangkat pemanis yang terhubung pada komputer.
  12. Bipolar : Mengacu pada transistor biasa atau IC yang bertentangan dengan komponen MOS dan CMOS. 
  13. Bipolar Memory : Memori komputer yang Menggunakan IC bipolar sebagai potongan dari memorinya. 
  14. Bit : Unit terkecil dari informasi. Satu fleck cukup untuk menyatakan perbedaan antara ya dan tidak, atas dan bawah, on dan off, satu dan nol. Komputer harus menampilkan informasi dalam fleck karena sirkuit elektronik yang dibuat hanya memilki dua keadaan, on atau off
  15. Black Box : Alat atau sebuah proses yang khusus hanya dalam batas proses input dan output. Kita tidak mengetahui apa yang terjadi di dalam. 
  16. Black Hat : Hacker jahat, Hacker dark lid ini juga biasa disebut sebagai "aka crackers"  dengan kemampuan mencuri information atau merusak sistem yang ada dalam komputer korban. Kelebihan black lid adalah kemampuannya untuk menghilangkan jejak sampai tidak bisa dilacak siapa gotong royong pelaku serangan yang terjadi sesudah tujuan tertentu mereka terpenuhi. 
  17. Bluetooth : Teknologi yang diciptakan untuk koneksi wireless jarak dekat (radius 10 meter). Teknologi ini menggunakan chip transceiver yang dirangkai pada mobile computer, telepon, dan peralatan portabel lainnya. Bluetooth menyediakan tiga voice dan kanal information melalui sebuah koneksi one-to-one dengan enkripsi built-in dan verifikasi.
  18. Brainware : Istilah untuk menyatakan insan sebagai pemakai komputer. Brainware bisa dikategorikan menjadi sistem analis, programmer dan operator.
  19. Break : Perintah untuk menghentikan jalannya program. Biasanya perintah ini dilakukan dengan meneka tombol CTRL + C. 
  20. Break Point : Beberapa komputer mempunyai sebuah sakelar yang akan menciptakan komputer akan berhenti di  titik tertentu dalam program, sehingga operator sanggup menyelidiki jalannya program; atau sanggup juga dengan jalan meletakkan perintah halt dalam program. Perintah ini sanggup dihapus apabila aktivitas telah berjalan dengan baik.
  21. Buffer : Tempat penyimpanan information sementara. Hal ini sering Digunakan saat transmisi information harus mengambil tempat pada kecepatan yang berbeda. Buffer mengakumulasi information dari peralatan berkecepatan rendah. Pada hardwarebuffer adalah alat yang meluaskan sinyal, memperbesar kemampuan drive.
  22. Bridge Perangkat yang menghubungkan jaringan secara fisik dengan cara menggandeng dua buah LAN yang Menggunakan protokol sejenis. Bridge yang mempunyai kemampuan untuk mengawasi kemudian lintas information sehingga sanggup mengatakan informasi perihal mass kemudian lintas dan kesalahan jaringan.
  23. Broadcast : Pengiriman pesan ke seluruh titik dalam suatu jaringan. 
  24. Browse : Perintah dalam lingkungan Windows untuk menampilkan isi disk. 
  25. Browser : Program aplikasi yang Digunakan untuk browsing.
  26. Browsing : Aktivitas penjelajahan beberapa situs di Internet. 
  27. Byte : Informasi dengan panjang 8 bit. 
  28. Byte Mode : Model pengiriman information yang dilakukan dengan cara mentransfernya byte demi byte 

    C- L
  1. Cache Berasal dari kata cash, dipergunakan untuk meningkatkan kecepatan transfer information baik secara sementara maupun permanen.
  2. Cancel : Digunakan untuk membatalkan perintah atau menggagalkan aktivitas yang sedang dikerjakan.
  3. Caps lock :Tombol pada keyboard yang berfungsi mengubah semua tombol karakter menjadi karakter besar.
  4. Caption :Dalam lingkungan pengolah kata Ms-Word perintah ini Digunakan untuk menambahkan keterangan pada sebuah gambar, tabel atau obyek lainnya.
  5. Catalog : Perintah dalam DOS untuk menampilkan daftar file yang berada dalam sebuah disk.
  6. CD (Carrier Detect) : Status modem jikalau sedang terhubung dengan modem lain.
  7. CD Drive (Drive CD) : Suatu campaign untuk merekam atau memainkan Compact Disk, yang sering dijumpai adalah CD-ROM (CD Read Only MemoryMO (Magneto-Optical) dan WORM (Write Once Read Many).
  8. CD ROM (Compact Disc Read Only Memory) Compact Disk yang tidak bisa Digunakan untuk menulis ulang (dihapus atau ditambah); Digunakan dalam penyimpanan information komputer.
  9. CD RW : Sebuah Compact Disk yang selain sanggup Digunakan untuk dibaca juga sanggup Digunakan untuk menyimpan information dengan menulisnya menggunakan CD-RW Drive.
  10. CD Title Compact Disc yang berisi program-program komputer.
  11. CDMA (Code Division Multiple Access) : Teknologi interface spread spectrum udara yang Digunakan pada beberapa ponsel dan jaringan wireless lainnya.
  12. Chace : Sebutan untuk kartu grafik seolah-olah VGA card.
  13. Chaining :Proses kerja komputer yang bersambung dalam serangkaian segmen. Apabila sebuah aktivitas terlalu besar masuk dalam memori, aktivitas harus ditulis dalam beberapa segmen. Komputer akan bekerja dalam satu segmen setiap satu waktu sampai selesai, kesannya akan dibawa ke segmen berikutnya. Demikian seterusnya sampai aktivitas tanggapan diolah.
  14. Channel :Saluran untuk mengirimkan sinyal elektromagnetik yang bisa menghubungkan CPU dengan peralatan lainnya.
  15. Chat Layanan percakapan online yang biasa Digunakan pengguna Internet untuk berbicara dengan pengguna lain. Untuk bisa Menggunakan fasilitas ini biasanya bisa melalui sebuah situs atau dengan meng-install sebuah aplikasi khusus untuk ber-chat-ria. Biasanya layanan ini Digunakan untuk ajang kenalan, mencari teman baru, sampai menjadi solusi komunikasi yang murah dan mudah.
  16. CHDIR Perintah untuk pindah atau mengaktifkan direktori dalam lingkungan sistem operasi DOS.
  17. CHIP : Bit kecil dari silikon yang merupakan inti dari sebuah IC (Integrated Circuit) atau sebutan untuk IC itu sendiri.
  18. Chipset Chips atau chipset merupakan potongan-potongan kecil silikon yang Digunakan untuk menyimpan informasi dan kode komputer. Setiap komponen komputer mempunyai paling tidak sebuah chip di dalamnya. Chipset pada motherboard mengontrol masukan dan keluaran (input dan output) yang key dari komputer. Chipset pada video card mengontrol rendering dari grafik 3D dan output dari gambar pada monitor anda. CPU merupakan salah satu acuan chip yang sangat penting. Chipset motherboard misalnya BX, i810, i820, dan banyak lagi lainnya.
  19. Circuit Board : Sebuah papan sirkuit lengkap dengan komponen elektronik yang diletakkan dan disolder pada tempatnya.
  20. Click : istilah untuk mewakili pemilihan obyek atau hidangan dengan menekan salat satu tombol mouse.
  21. Client : Pada jaringan, customer ialah sebuah software aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk mengakses servis atau layanan dari komputer server.
  22. Client - Server : Suatu bentuk arsitektur dimana customer ialah perangkat yang mendapatkan yang akan menampilkan antarmuka pemakai dan menjalankan aplikasi (komputer ) dan server adalah perangkat yang menyediakan dan bertindak sebagai pengelola aplikasi, information dan keamanannya (server atau mainframe). 
  23. Data Kumpulan dari angka-angka maupun karakter-karakter yang tidak memilii arti. Data sanggup diolah sehingga menghasilkan informasi.
  24. Database : Sekumpulan file yang saling terkait dan membentuk suatu berdiri data. Database minimal terdiri dari satu file yang cukup untuk dimanipulasi oleh komputer sedemikian rupa. 
  25. Database Administrator :Orang yang bertugas untuk mendefinisikan pola struktur database, memilih metode saluran dan penyimpanan, berwenang mengatakan ijin pengaksesan information pada pengguna, dan lain sebagainya.
  26. Database Information Utility Layanan penyediaan informasi yang ditawarkan sebuah terra firma information jaringan sehingga pengguna jaringan bisa mendapatkan laporan informasi yang diinginkan.
  27. Database Management : Pengelolaan information dalam suatu terra firma data, cara memasukkan information dalam database, memperbaharuinya dan menyajikan informasi dari information tersebut.
  28. Decision Support System : Salah satu sistem informasi berbasis komputer yang menyajikan informasi secara khusus bagi pihak manajemen untuk mendukung pengambilan keputusan.
  29. Declaration : Proses pengenalan tipe information suatu variabel kepada kompiler sehingga akan diketahui berapa banyak memori yang harus disiapkan untuk masing-masing variabel.
  30. DECnet : Sekelompok protokol jaringan buatan Digital Equipment Corporation yang khusus Digunakan pada calculator buatan DEC untuk berkomunikasi.
  31. DECNET Software jaringan khusus untuk komputer digital yang seolah-olah dengan OSI. DECNET mempunyai kemampuan menjadi potongan dari jaringan yang Menggunakan touchstone X.25 atau IBM SNA.
  32. DECnet/OSIProtokol DECnet yang kompatibel dengan phase V produk Digital Network Architecture (DNA). Protocol ini mendukung sistem terbuka OSI.
  33. Decreament Untuk mengurangi nilai suatu variabel satu demi satu.
  34. Decompress : Mengembalikan file-file yang telah dimampatkan (compress) ke keadaan semula.
  35. Default Hasil penyetelan tetap untuk menjalankan sebuah aktivitas atau aplikasi.
  36. Demodulation Proses mengubah sinyal analog menjadi bentuk digital.
  37. Desktop : Salah satu model kemasan komputer yang sengaja dirancang untuk ditempatkan di atas meja kerja.
  38. Desktop Publishing (DTP) :Software yang Digunakan untuk menciptakan dan mengatur format pada pencetakkan majalah dan buku secara mudah. Contoh software DTP ialah Ventura dan Pagemaker.
  39. Dial  Proses terhubungnya komputer ke suatu stasiun atau sebuah alamat Internet melalui saluran komunikasi.
  40. Dial Line : Istilah lain untuk menyebutkan penghubung saluran (switch connection).
  41. Dial Up : jenis komunikasi yang Menggunakan modem dan saluran telepon biasa untuk bisa bekerjasama antara komputer yang satu dengan komputer yang lain, atau bisa juga berarti provider Internet yang memanfaatkan saluran telepon sebagai saluran utamanya. Hubungan ini hanya bersifat sementara.
  42. Dial Up Line : Jalur komunikasi yang Digunakan pada proses dial up, terutama jaringan umum atau jaringan telepon biasa.
  43. DIR Dalam sistem operasi DOS berarti perintah untuk menampilkan daftar semua file dalam disk aktif ke layar.
  44. Dial Up Terminal Sebuah terminal pada saluran pemindah.
  45. Disconnect : Istilah untuk menyatakan pemutusan kekerabatan dengan saluran komunikasi atau keadaan tidak terhubung dengan jaringan manapun.
  46. Disconnect time-out : Batas waktu yang Digunakan oleh switched network untuk melaksanakan pemutusan kekerabatan komunikasi apabila sebuah stasiun dalam keadaan tidak aktif melebihi batas waktu tersebut.
  47. Discreate Circuitry Membangun sirkuit elektronik dengan memasang beberapa potongan secara individual. Kebalikan dari IC, dan saat ini discreate circuitry jarang Digunakan karena mahal dan kurang handal.
  48. DiskPiringan tipis yang dilapisi materi magnetik (oksida besi) yang bisa menyimpan sejumlah information atau informasi. Pembacaan dan penulisan informasi dipusatkan pada track.
  49. Disk Cleaner : Disket yang membersihkan head suatu disk drive.
  50. DISKCOPY : Program nether DOS yang berfungsi untuk menyalin keseluruhan isi suatu disk dengan jenis drive yang sama.
  51. Disk Drive Alat pemanis yang Digunakan untuk meletakkan piringan magnetik, memutar piringan dan menggerakkan head baca/tulis pada posisi yang diinginkan saat mengakses informasi dari dalam disk.
  52. Diskette Piringan magnetik tipis, lentur dan dibungkus dalam kemasan berbentuk kotak dari materi plastik, Digunakan untuk menyimpan sejumlah data/informasi. Disket umumnya berukuran 3½ inchi.
  53. Display Hardware yang menyajikan hasil keluaran komputer dalam bentuk visual.
  54. Documentation Dokumentasi yang menyimpan deskripsi tertulis sebuah aktivitas termasuk nama program, fungsi program, masukan/keluaran yang dibutuhkan, kemungkinan ditulis dalam algoritma, bagaimana struktur datanya, dan sebagainya.
  55. Domain : Definisi dari alamat di Internet, yang juga merujuk ke sebuah negara di mana situs spider web tersebut digunakan. Misalnya co.id untuk Indonesia. Sedangkan co atau com untuk lembaga komersial dan mesh untuk lembaga yang bekerjasama dengan Internet.
  56. Domain Name Bagian dari URL atau alamat situs yang mengatakan kepemilikan, misalnya andinomaseleno.com mengatakan alamat itu dimiliki oleh andinomaseleno.
  57. Drag : Istilah yang menggambarkan aktivitas menggerakkan mouse sambil tetap menekam tombol mouse.
  58. Drag too Drop Istilah yang menggambarkan aktivitas memilih suatu obyek dan menggerakkan mouse ke lokasi gres sambil tetap menekan tombol mouse sebelah kiri (drag), kemudian meletakkan obyek di lokasi tersebut (drop).
  59. Duplex : 1. Jalur Komunikasi yang bisa melaksanakan pengiriman information dua arah. 2. Sistem komputer yang Menggunakan 2  CPU yang saling terhubung. 
  60. Duplexed System Lingkungan komunikasi information yaitu sistem yang mempunyai dua alat yang berbeda dan tidak saling mempengaruhi. Setiap alat bisa melaksanakan fungsinya; ada kemungkinan salah satu alat akan dianggap sebagai cadangan.
  61. EFT (Electronic Funds Transfer) Teknik pengiriman atau pertukaran data-data transaksi keuangan secara elektronik.
  62. Eject Perintah yang diberikan pada printer untuk menempatkan kertas di awal halaman. Apabila saat ini posisi kertas berada di tengah, maka sisa halaman akan diabaikan dan meletakkan kertas berikutnya di awal halaman.
  63. E-mail : Surat-menyurat melalui internet. Pengguna sanggup saling bertukar berita. Berita-berita itu akan dikumpulkan dalam sebuah file untuk pengalamatan yang berupa mailbox, sehingga pengguna sanggup membaca isu yang ditujukan kepadanya kapan saja.
  64. E-mail Address : Alamat yang Digunakan pada proses pengiriman email ke tujuannya. Alamat tersebut dibuat berdasarkan DNS. 
  65. E-mail Virus Virus yang dikirimkan sebagai file lampiran pada e-mail, virus gres akan bekerja dan menginfeksi jikalau kita membuka file attachment tersebut. Sebagian besar ialah virus Macro yang menyerang aplikasi Microsoft Word, biasanya file virus tersebut berekstensi .exe. Contohnya seolah-olah virus Worm.ExploreZip.
  66. Encode : Kegiatan mempersiapkan suatu rutin aktivitas ke dalam bahasa mesin sehingga sanggup segera dilaksanakan oleh komputer.
  67. Encoder : Suatu sistem komputer atau sistem jaringan yang hanya bisa mendapatkan satu masukan saja, yang setiap masukan akan menghasilkan beberapa kombinasi hasil keluaran. 
  68. Encryption : Penerjemahan information menjadi kode rahasia. Enkripsi ialah cara yang paling efektip untuk memperoleh pengamanan data. Untuk membaca file yang di-enkrip, kita harus mempunyai saluran terhadap kata sandi yang memungkinkan kita men-dekrip pesan tersebut. Data yang tidak di-enkrip disebut plain text, sedangkan yang di-enkrip disebut cipher text.
  69. End : Tombol pada keyboard, berfungsi untuk menggerakkan kursor ke tamat baris.
  70. Error: Istilah untuk mengatakan bahwa terdapat suatu penyimpangan dalam software atau kerusakan hardware.
  71. Ethernet : Sebuah standar LAN meliputi kabel dan skema protokol komunikasi yang dikembangkan oleh Xerox Corporation. Sekarang Ethernet menjadi protokol yang banyak Digunakan dan diubahsuaikan oleh perusahaan lain. 
  72. Ethernet Cabel :  Semua kabel media untuk jaringan Ethernet. Contoh Ethernet cable yaitu kabel jenis 10base5, UTP/STP. 
  73. Ethernet Meltdown : Peristiwa yang menimbulkan kejenuhan di Ethernet, disebabkan oleh masuknya paket-paket information tak resmi. Peristiwa ini hanya berlangsung dalam waktu singkat.
  74. Ether Talk : Paket-paket AppleTalk terenkapsulasi yang dilewatkan pada kabel Ethernet.
  75. Eudora : Program aplikasi layanan email di Internet.
  76. Facsimile : Alat pengirim dokumen atau gambar dari satu tempat ke tempat lain dengan Menggunakan saluran telepon. Pengiriman bisa dilakukan apabila pengirim dan penerima sama-sama mengaktifkan mesin ini. 
  77. Fading : Gangguan saluran transmisi, terutama pada sistem gelombang mikro saat sinyal-sinyal yang dikirim melalui aneka macam jalur ke penerima mengalami perubahan karena kondisi atmosfir. 
  78. Failure :Pernyataan yang mengatakan bahwa alat terkait tidak berjalan dengan semestinya.
  79. Female Connector Sebuah plug atau socket yang memiliki receptacles. Lawannya ialah "konektor pria" yang memiliki pin.
  80. Fetch Program software untuk memindahkan file yang dikembangkan oleh Dartmouth College untuk Macintosh. Program ini menyediakan saluran ke FTP yang bersifat user friendly.
  81. File File terdiri dari sekumpulan record-record yang saling berhubungan. Setiap record memiliki nomor yang diubahsuaikan dengan posisinya dalam file.
  82. Folder Pada lingkungan Graphical User Interface (GUI) seolah-olah Windows dan Macintosh, folder adalah suatu objek yang sanggup berisi beberapa dokumen. Folder Digunakan untuk menata informasi. Pada DOS dan UNIX, folder disebut direktori (directory).
  83. Gigabyte : Suatu istilah untuk menyebutkan suatu gambaran yang mempunyai warna abu-abu, alias hitam dan putih. Greyscale mengatakan jumlah warna (dari abu-abu, sampai hitam – putih) yang ada dalam satu citra. Makin besar angka Grayscale, gambaran yang terbentuk makin mendekati kenyataan.
  84. Gigacycle :  Satuan ukuran frekuensi dengan 1 Gigacycle = 1 milyar Hertz.
  85. Google : Nama search engine di Internet.
  86. Glossary Daftar istilah berikut penjelasan pengertian istilah-istilah tersebut.
  87. Gopher Suatu sistem informasi berbasis hidangan dalam Internet yang populer karena kemampuannya bekerjasama dalam situs gopher yang lain dalam hidangan yang sama.
  88. GPRS (General Packet Radio Service ) :Layanan komunikasi berbasis paket, tanpa kabel sebagai media komunikasi. Layanan ini diperuntukkan bagi komputer jinjing (notebook). Dasar dari GPRS ialah komunikasi GSM (Global System for Mobile Communication). Kecepatan yang ditawarkan mulai dari 56 Kbps sampai dengan 114 Kbps, memungkinkan untuk mengakses Internet dengan lebih cepat.
  89. GSM (Global System for Mobile Communication) : Seluler digital atau standar PCS yang Digunakan di seluruh dunia. GSM merupakan standar yang paling banyak Digunakan di Eropa dan Asia Tenggara.
  90. Guestbook  : Fasilitas interaktif dalam sebuah halaman spider web yang mengizinkan pengunjungnya untuk menulis pesan. 
  91. Homepage : Halaman pertama dari suatu Web Site.
  92. Host : Istilah yang Digunakan untuk menunjuk sebuah komputer yang memungkinkan penggunanya terhubung ke Internet.
  93. Host Name Nama dari komputer dalam Internet, Digunakan untuk mengatakan skema penamaan URL.
  94. HTTP (Hyper Text Transfer Protocol) Sebuah metode atau protokol untuk mendowload file ke komputer. Protokol ini berbasis hyper text, sebuah format teks yang umum Digunakan di Internet.
  95. Icon : Interlaced GIP : Tipe GIF Spesial yang memungkinkan tampilan gambar tersebut dimunculkan sedikit demi sedikit saat sebuah halaman spider web sedang didownload. 
  96. Internet : Istilah umum yang Digunakan untuk menunjuk Network tingkat dunia yang terdiri dari komputer dan layanan servis atau sekitar xxx sampai l juta pemakai komputer dan puluhan sistem informasi termasuk e-mail, Gopher, FTP dan World Wide Web.
  97. Internet Device :Alat canggih seolah-olah komputer yang dipergunakan untuk sanggup berkomunikasi atau berinteraksi melalui Internet, baik untuk surfing, mengirim dan mendapatkan e-mail, bahkan untuk ber-chatting, baik Menggunakan teks, suara, gambar maupun video, misal : notebook, palmtop, handphone, Internet-TV.
  98. Internet Explorer : Suatu browser Web unloosen populer yang diproduksi oleh Microsoft.
  99. Intranet : Sumber daya informasi yang Digunakan untuk kepentingan internal dari suatu instansi atau perusahaan dengan Menggunakan jaringan komputer yang ada.
  100. Java Bahasa pemrograman untuk menciptakan isi yang aktif dalam halaman Web, juga sanggup dijalankan dalam semua komputer. Applet Java diambil/diakses dari halaman Web dan dijalankan secara total. 
  101. JavaScript : Bahasa script interpreter untuk menciptakan isi yang aktif dalam halaman Web.
  102. JPEG (Joint Photographic Expert Group) :Format file yang memuat information berupa gambar. Gambar JPEG terkompresi secara lossy, sehingga kualitas gambar diturunkan untuk mendapatkan ukuran file yang kecil. Walaupun demikian perbedaan kualitas tersebut tidak akan sanggup terlihat untuk gambar-gambar tertentu. JPEG biasanya Digunakan untuk gambar-gambar yang tidak jelas batas warnanya, seolah-olah foto, lukisan, dll.
  103. KBps  :Kilobytes per second.
  104. KHz :Satuan unit of measurement frekuensi yang sama dengan G siklus per detik. 
  105. Konektor Power :Pin yang menyambungkan motherboard dengan ability provide di casing sebuah komputer. Pada motherboard tipe AT, casing yang dibutuhkan ialah tipe AT juga. Konektor ability tipe AT terdiri dari dua bagian, dimana dua kabel dari ability provide akan menancap. Pada tipe ATX, kabel ability provide menyatu dalam satu header yang utuh sehingga tinggal menancapkannya di motherboard. Kabel ini terdiri dari dua kolom sesuai dengan pivot di motherboard yang terdiri atas dua larik pivot juga. Ada beberapa motherboard yang menyediakan dua tipe konektor power, AT dan ATX. Kebanyakan motherboard terbaru sudah bertipe ATX.
  106. LAN : Sebuah jaringan yang dibangun pada sebuah lokasi seolah-olah di rumah ataupun gedung perkantoran. Bisa diartikan juga sebagai sebuah sistem komunikasi komputer yang jaraknya dibatasi tidak lebih dari beberapa kilometer dan Menggunakan koneksi high-speed antara 2 sampai 100 Mbps. 
  107. Layer : Lapisan (konsep) dalam networking. Berbagai model komunikasi seolah-olah OSI dan TCP/IP terdiri atas beberapa layer yang menyusun protokol tersebut.
  108. LCD (Liquid Crystal Display) : Jenis tampilan layar yang Menggunakan persenyawaan cair yang mempunyai struktur molekul polar, diapit antara dua elektroda yang transparan. Bila medan listrik diberikan, molekul menyesuaikan posisinya pada medan, membentuk susunan kristalin yang mempolarisasi cahaya yang melaluinya.
  109. LED (Light Emitting Diode) : Sebuah lampu kecil yang Digunakan sebagai penanda atau pointer.
  110. Link : Sambungan atau koneksi dari sebuah sumber ke sumber yang lain. Misalnya dalam sistem networking atau Internet.
  111. Listserv : Software manajemen mailing list.
  112. Load Time : Waktu yang dibutuhkan untuk mengambil/membuka halaman Web pada komputer.
  113. Locate : Perintah yang Digunakan dalam Linux/Unix untuk mendapatkan file tertentu. Hanya saja perintah locate ini harus didahului dengan slocate untuk melakukan updating informasi file dalam host tersebut.
  114. Localhost :  Di dunia Networking, Localhost merupakan istilah yang Digunakan untuk host itu sendiri. Nama localhost digunakan untuk konfigurasi aplikasi sebelum benar - benar mendapatkan hostname dari hostmasternya.
  115. Log Catatan yang merekam segala aktifitas suatu aplikasi dijalankan. terkadang Log juga Digunakan untuk menganalisa condition suatu aplikasi.
  116. Login Proses untuk masuk ke dalam sebuah layanan online yang berisi nama dan password.
  117. Logout : Keluar atau menutup, sama artinya dengan sign out. 

    
 Istilah-istilah diatas sebagian besar dari Istilah-istilah dalam TIK. Semoga Bermanfaat... Terimakasih...





Belum ada Komentar untuk "Istilah-Istilah Dalam Teknik Informatika Dan Komputer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel