Cara Memindahkan Lokasi My Documents Pada Windows

Pernah punya pengalaman, dulu dikala pertama mengenal komputer saya suka menyimpan file – file dokumen dan file lainnya pada My Documents. Pada waktu itu saya tidak tau jikalau folder My Documents itu sebetulnya secara default terletak di own organization (biasanya own C:).

Hingga suatu hari komputer saya terkena virus dan harus di install ulang, yang mengharuskan memformat own C:, hasilnya file/data yang saya simpan di My Documents ikut terformat dan hilang.

Belajar dari kesalahan itu, sekarang setiap sesudah install ulang, saya tidak lupa memindahkan lokasi/letak folder My Documents ke own lain selain own system. Untuk jaga – jaga jikalau install ulang dan mengharuskan format own system, kan information pada My Documents aman alasannya ialah ada di own lain.  

Nah, kau pun tidak menginginkan hal itu terjadi pada kau kan?. Berikut saya akan memberi tutorial Cara Memindahkan Lokasi My Documents Pada Windows. Pilih sesuai Windows yang kau gunakan...

Windows XP.
Klik “Start”, lalu klik kanan pada “My Documents”, lalu pada card pilih “Properties”. Kemudian akan muncul jendela My Documents Properties.

 dulu dikala pertama mengenal komputer saya suka menyimpan file  Cara Memindahkan Lokasi My Documents Pada Windows

Setelah muncul jendela “My Documents Properties”, pada tab “Target” klik tombol “Move…”. Silahkan pilih folder di own lain untuk lokasi My Documents nantinya. Sebagai contoh, disini saya memilih folder “Dokumenku” yang berada pada own D:. Setelah itu klik tombol “OK”.

 dulu dikala pertama mengenal komputer saya suka menyimpan file  Cara Memindahkan Lokasi My Documents Pada Windows

Setelah Anda memilih lokasi  yang baru, silahkan klik tombol “OK”. Jika muncul pesan untuk memindahkan isi My Documents ke lokasi baru, pilih “Yes” saja. Selesai...

 dulu dikala pertama mengenal komputer saya suka menyimpan file  Cara Memindahkan Lokasi My Documents Pada Windows

Windows 7.
Start => User Name kau (Misal: Ganteng). Setelah itu akan muncul folder “Ganteng” (atau tergantung user lift pada komputer kamu).

 dulu dikala pertama mengenal komputer saya suka menyimpan file  Cara Memindahkan Lokasi My Documents Pada Windows

Klik kanan pada folder “My Documents” lalu pilih “Properties”. Akan muncul jendela gres dengan judul “My Documents Properties”. Kira - kira menyerupai gambar dibawah ini...

 dulu dikala pertama mengenal komputer saya suka menyimpan file  Cara Memindahkan Lokasi My Documents Pada Windows

Pilih tab “Location”, lalu pada tab ini klik tombol “Move...”. Maka akan muncul jendela “Select a Destination” menyerupai gambar dibawah ini...

 dulu dikala pertama mengenal komputer saya suka menyimpan file  Cara Memindahkan Lokasi My Documents Pada Windows

Silahkan kau pilih folder mana yang ingin kau gunakan sebagai tempat My Documents yang gres (misal: D:\Dokumenku). Setelah itu klik tombol “Select Folder”, bila sudah maka akan menyerupai dibawah ini...

 dulu dikala pertama mengenal komputer saya suka menyimpan file  Cara Memindahkan Lokasi My Documents Pada Windows

Klik tombol “OK”, bila muncul pesan klik “Yes”. Maka information - information pada lokasi My Documents yang lama akan dipindahkan ke lokasi yang baru. Lamanya tergantung jumlah information yang dipindahkan... Selesai...

Windows 8/8.1/10.
Pada Windows 8/8.1/10 sebetulnya hampir sama dengan cara pada Windows 7, hanya saja ada perbedaan sedikit pada membuka “Documents Properties”. Caranya, buka “This PC” sehingga muncul menyerupai gambar dibawah ini.

 dulu dikala pertama mengenal komputer saya suka menyimpan file  Cara Memindahkan Lokasi My Documents Pada Windows

Klik kanan “Documents” lalu pilih “Properties”. 

 dulu dikala pertama mengenal komputer saya suka menyimpan file  Cara Memindahkan Lokasi My Documents Pada Windows
Sehingga muncul “Documents Properties”, sesudah itu lakukan hal yang sama menyerupai tutorial pada Windows vii dari gambar nomor 5. Selesai...

Penutup.
Sampai disini dulu tutorial Cara Memindahkan Lokasi My Documents Pada Windows. Setelah memindahkan lokasi My Documents ke own lain, kau tidak perlu khawatir lagi information – information pada My Documents Anda terhapus nantinya dikala memformat own organization dikala install ulang.

SEMOGA BERMANFAAT.

Belum ada Komentar untuk "Cara Memindahkan Lokasi My Documents Pada Windows"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel