Materi Kuliah Ke-Nw-An Ihwal Rencana Pembelajaran Tahun Anutan 2019/2020.


Selamat datang di weblog Dunia Pendidikan, pada kesempatan ini kami berbagi  Contoh Rencana Materi Kuliah Ke-NW-An Tahun Ajaran 2019/2020.



SATUAN ACARA PERKULIAHAN

Mata Kuliah : KE-NW-AN 1
Kode Mata Kuliah
Waktu Pertemuan : ii X 45 menit
Pertemuan : 2
SKS                   : (3 SKS)

A. Kompetensi Dasar
Menjelaskan Keluarga Sakinah Guru Mukminah

B. Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Mampu menyebutkan Keluarga besar TGH. Abdul Madjid
2. Memahami Profesi TGH. Abdul Madjid (Guru Mukminah)
3. Memahami Obsesi Guru Mukminah
4. Memahami Karakter Guru Mukminah
5. Penghargaan dia dalam memuliakan Ulama’

C. Materi Perkuliahan
1. Nenek  moyang TGH. Abdul Madjid ialah dari Sulawesi Selatan (Makasar). Isteri dia ada v dan mendapatkan fifteen orang keturunan (anak) antara lain Muhammad Syaggaf (TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid) dari Inaq Syam (Hj. Halimatussa’diyah)

2. Selain aktif mengajar ngaji dia juga berprofesi sebagai pebisnis atau pengusaha yang sukses, sehingga dia berhasil menguasai sebagian besar tanah yang ada di Desa Madjidi yang di nisbatkan kepada nama beliau.

3. Obsesi terbesar dia ialah ingin biar putra putri dia mampu menjadi ulama’ besar khususnya anak dia yang bernama Muhammad Syaggaf.

4. Pola Pendidikan yang diterapkan pada putra putrinya ialah secara keras dan tegas.


5. Memuliakan ulama’ bukan hanya ucapan dia saja tetapi dia tunjukkan dengan perbuatan, yakni dengan mengatakan cendera mata (hadiah) kepada Ulama’ itu.


A. Skenario Kegiatan Perkuliahan



Tahap
Uraian 
Kegiatan 
 Perkuliahan
Media
dan Alat
Pembelajaran
Estimasi
waktu
Pendahu
luan
1.  Mengucapkan salam
2. Membuka kuliah dengan meminta mahasiswa membaca shalawat Nahdlatain
3. Menjelaskan pada mahasiswa mengenai materi yang akan dibicarakan pertemuan hari ini

10 
menit
Penyajian
(Inti)
4. Menyebutkan dan menjelaskan kepada mahasiswa tentang

a. Keluarga besar TGH. Abdul Madjid

b. Profesi TGH. Abdul Madjid (Guru Mukminah)

c. Membeikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya

d. Mencatat pertanyaan

e. Menjawab pertanyaan mahasiswa

f. Melanjutkan materi berikutnya

g. Obsesi Guru Mukminah

h. Karakter Guru Mukminah

i. Penghargaan dia dalam memuliakan Ulama’

j. Membeikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya

k. Mencatat pertanyaan

l. Menjawab pertanyaan

m. Meminta pendapat mahasiswa ihwal materi yang sudah di jelaskan

Papan Tulis dan Alat tulis.
35 menit













35 
menit







Penutup dan

Tindak Lanjut
5. Menyimpulkan materi yang sudah dijelaskan

6. Menugaskan mahasiswa untuk mencari informasi lain terkait dengan materi yang sudah disampaikan

7. Menutup pertemuan dengan membaca hamdalah dan salam
Papan Tulis dan Alat Tulis
10 
menit

.............dst.

Referensi :

1. Abdul Hayyi Nu’man, - Syafari Asyhari, 1990, Nahdlatul Wathan Organisasi Pendidikan Sosial dan Dakwah Islamiyyah, Penerbit Pengurus Daerah Nahdlatul Wathan Lombok Timur.

2. Mohammad Noor-Muslihan Habib-Muhammad Harfin Zuhdi, 2004, Visi Kebangsaan Religius “Refleksi Pemikiran dan Perjuangan TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid 1904-1997”, Cetakan pertama, PT. Logos Wacana Ilmu Ciputat Indah Permai Blok D-30 Bekerjasama dengan Ponpes NW Penggilingan, Cakung, Jakarta.


Catatan: Bagi Bapak/Ibu guru yang berminat filenya, silahkan komen atau langsung menghubungi admin via:
  • SMS : 081807086003
  • Facebook : Habiby Qolby
  • Email : kampungkbtumbuhjaya@gmail.com
    Demikian, biar bermanfaat.

    Belum ada Komentar untuk "Materi Kuliah Ke-Nw-An Ihwal Rencana Pembelajaran Tahun Anutan 2019/2020."

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel