Materi Kuliah Ke-Nw-An Ihwal Rencana Pembelajaran Tahun Anutan 2019/2020.
Selamat datang di weblog Dunia Pendidikan, pada kesempatan ini kami berbagi Contoh Rencana Materi Kuliah Ke-NW-An Tahun Ajaran 2019/2020.
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
Mata Kuliah : KE-NW-AN 1
Kode Mata Kuliah :
Waktu Pertemuan : ii X 45 menit
Pertemuan : 2
SKS : (3 SKS)
A. Kompetensi Dasar
Menjelaskan Keluarga Sakinah Guru Mukminah
B. Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Mampu menyebutkan Keluarga besar TGH. Abdul Madjid
2. Memahami Profesi TGH. Abdul Madjid (Guru Mukminah)
3. Memahami Obsesi Guru Mukminah
4. Memahami Karakter Guru Mukminah
5. Penghargaan dia dalam memuliakan Ulama’
C. Materi Perkuliahan
1. Nenek moyang TGH. Abdul Madjid ialah dari Sulawesi Selatan (Makasar). Isteri dia ada v dan mendapatkan fifteen orang keturunan (anak) antara lain Muhammad Syaggaf (TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid) dari Inaq Syam (Hj. Halimatussa’diyah)
2. Selain aktif mengajar ngaji dia juga berprofesi sebagai pebisnis atau pengusaha yang sukses, sehingga dia berhasil menguasai sebagian besar tanah yang ada di Desa Madjidi yang di nisbatkan kepada nama beliau.
3. Obsesi terbesar dia ialah ingin biar putra putri dia mampu menjadi ulama’ besar khususnya anak dia yang bernama Muhammad Syaggaf.
4. Pola Pendidikan yang diterapkan pada putra putrinya ialah secara keras dan tegas.
5. Memuliakan ulama’ bukan hanya ucapan dia saja tetapi dia tunjukkan dengan perbuatan, yakni dengan mengatakan cendera mata (hadiah) kepada Ulama’ itu.
A. Skenario Kegiatan Perkuliahan
Tahap | Uraian Kegiatan Perkuliahan | Media dan Alat Pembelajaran | Estimasi waktu |
Pendahu luan | 1. Mengucapkan salam 2. Membuka kuliah dengan meminta mahasiswa membaca shalawat Nahdlatain 3. Menjelaskan pada mahasiswa mengenai materi yang akan dibicarakan pertemuan hari ini | 10 menit | |
Penyajian (Inti) | 4. Menyebutkan dan menjelaskan kepada mahasiswa tentang a. Keluarga besar TGH. Abdul Madjid b. Profesi TGH. Abdul Madjid (Guru Mukminah) c. Membeikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya d. Mencatat pertanyaan e. Menjawab pertanyaan mahasiswa f. Melanjutkan materi berikutnya g. Obsesi Guru Mukminah h. Karakter Guru Mukminah i. Penghargaan dia dalam memuliakan Ulama’ j. Membeikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya k. Mencatat pertanyaan l. Menjawab pertanyaan m. Meminta pendapat mahasiswa ihwal materi yang sudah di jelaskan | Papan Tulis dan Alat tulis. | 35 menit 35 menit |
Penutup dan Tindak Lanjut | 5. Menyimpulkan materi yang sudah dijelaskan 6. Menugaskan mahasiswa untuk mencari informasi lain terkait dengan materi yang sudah disampaikan 7. Menutup pertemuan dengan membaca hamdalah dan salam | Papan Tulis dan Alat Tulis | 10 menit |
.............dst.
Referensi :
1. Abdul Hayyi Nu’man, - Syafari Asyhari, 1990, Nahdlatul Wathan Organisasi Pendidikan Sosial dan Dakwah Islamiyyah, Penerbit Pengurus Daerah Nahdlatul Wathan Lombok Timur.
2. Mohammad Noor-Muslihan Habib-Muhammad Harfin Zuhdi, 2004, Visi Kebangsaan Religius “Refleksi Pemikiran dan Perjuangan TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid 1904-1997”, Cetakan pertama, PT. Logos Wacana Ilmu Ciputat Indah Permai Blok D-30 Bekerjasama dengan Ponpes NW Penggilingan, Cakung, Jakarta.
Catatan: Bagi Bapak/Ibu guru yang berminat filenya, silahkan komen atau langsung menghubungi admin via:
- SMS : 081807086003
- Facebook : Habiby Qolby
- Email : kampungkbtumbuhjaya@gmail.com
Belum ada Komentar untuk "Materi Kuliah Ke-Nw-An Ihwal Rencana Pembelajaran Tahun Anutan 2019/2020."
Posting Komentar