Pengertian, Konsep, Jenis,Tujuan ,Contoh Dan Pentingnya Pelayanan Prima
Pada kesempatan kali ini aku akan membahas tentang pelayanan prima dalam pengelolaan usaha pada aspek pemasaran, pelayanan memang sangat diperlukan semoga pembeli merasa nyaman selain itu pelayanan juga mampu menyampaikan nilai summation bagi penjual tersebut bila pelayanan tersebut baik dan bermanfaat untuk pembeli, untuk lebih lengkap nya silahkan simak penjelasannya dibawah ini.

Pengertian Pelayanan Prima
Pelayanan prima ialah pelayanan yang sangat baik kepada pelanggan sehingga mampu menimbulkan rasa puas pelanggan. Untuk menunjang pelaksanaan pelayanan prima telah di kembangkan konsep Total Quality Management (TQM), yaitu sistem manajemen yang menyangkut semua manajemen dan pegawai untuk memperbaiki kualitas serta kuantitas organisasi semoga kebutuhan, keinginan, dan harapan pelanggan terpenuhi.
Konsep Pengembangan Pelayanan Prima
1. Konsep Attitude (Sikap)
Calon pembeli selalu mengharapkan perilaku dan perilaku yang baik dan menyenangkan dari pramuniaga semoga kepuasan pembeli mampu terpenuhi, serta kemungkinan besar pengalamannya disampaikan pada pihak lain yang akhirnya menjadi promosi gratuitous bagi perusahaan.
Pelayanan berdasarkan perilaku ini terdiri dari...
- Penampilan serasi (cara berhias, cara berbusana, dan raut muka).
- Berpikir positif (tidak mencari kesalahan pembeli, tidak apriori, dan melayani dengan hormat).
- Sikap menghargai (tutur bahasa baik, perilaku sopan santun, mendengar saran dan mencatat pesanan, serta memenuhi kebutuhan dengan konsisten).
2. Konsep Attention (Perhatian)
Untuk menerima harapan calon pembeli, penjual mampu menawarkan perhatian dengan cara berkomunikasi yang menarik. Bentuk perhatian pelayanan ini yaitu...
- Mendengar dan memahami kebutuhan pelanggan.
- memperhatikan perilaku pelanggan.
- Mencurahkan perhatian penuh pada pelanggan.
3. Konsep Action (Kegiatan)
Dalam menghadapi pembeli tidak hanya berdasarkan perilaku dan perhatian saja, tetapi harus diikuti tindakan. Bentuk pelayanan ini yaitu...
- Mencatat pesanan pelanggan.
- Mencari kebutuhan.
- Penegasan kembali pesanan.
- Mewujudkan kebutuhan pelanggan.
- Menyatakan terimakasih dengan harapan kembali membeli lagi.
Jenis-jenis Pelayanan Prima
Pelayanan dibagi menjadi iii jenis, yaitu...
1. Core Service
Core Service ialah pelayanan yang ditawarkan kepada pelanggan yang merupakan produk utamanya, misalnya untuk hotel ialah penyediaan kamar.
2. Facilitating Service
Facilitating Service ialah fasilitas pelayanan summation kepada pelanggan, misalnya pelayanan forepart component pada hotel.
3. Supporting Service
Supporting service merupakan pelayanan embel-embel atau pendukung untuk meningkatkan nilai pelayanan atau untuk membedakan dengan pelayanan-pelayanan dari pihak pesaingnya, misalnya hotel dan restoran pada satu tempat.
Pentingnya Pelayanan Prima
Suatu perusahaan yang ingin maju mengharapkan pelanggan untuk membeli barang atau jasanya dan tetap menjaga semoga pelanggan tetap membeli barangnya. Walaupun banyak perusahaan-perusahaan menyampaikan produk yang bersaing, tetapi tujuannya ialah menarik pelanggan yang sama.
Sebagian besar orang-orang menyampaikan pelayanan yang terbaik, sebaliknya suatu ketika kita menerima pelayanan yang buruk. Pengalaman ini tidak menyenangkan dan menimbulkan kita tidak suka untuk mengingatnya.
Jadi, pelayanan prima penting bagi perusahaan, pelanggan, dan staff perusahaan. Penting bagi perusahaan alasannya yaitu mampu mempertahankan loyalitas pelanggan dan membantu untuk mencerahkan masa depan bisnisnya. Penting bagi pelanggan alasannya yaitu menyampaikan kombinasi untuk mengambil keputusan dalam pembelian dan memilih produk, serta menjamin untuk memenuhi kebutuhan. Penting bagi staff perusahaan alasannya yaitu akan menyampaikan kebanggaan pada mereka, perusahaan, dan produknya.
Tujuan Pelayanan Prima
Tujuan pelayanan prima ialah memuaskan atau sesuai dengan harapan pelanggan. Untuk mencapai hal itu, diperlukan kualitas pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan/keinginan pelanggan.
Contoh Pelayanan Prima
- Pelayanan STNK dan BPKB di kantor kepolisian: suasana tertib, menggunakan nomor urut, petugas informasi, petunjuk atau cara terpampang, waktu penyelesaian terpampang, serta penyerahan dan pemeriksaan dokumen langsung ke loket. Pelayanan tersebar di beberapa tempat.
- Pelayanan di Bank: satpam menyapa, mengantar ke daerah yang dituju, diberi nomor antrean, teller menyapa nama pelanggan, dan menyampaikan senyuman.
- Pelanggan di swalayan: karyawan menyapa pelanggan yang datang untuk berbelanja dengan ciri khasnya, karyawan memperhatikan kebutuhan pelanggannya, kontribusi diskon untuk menari pelanggan.
Demikian artikel mengenai Pengertian, Konsep, Jenis,Tujuan ,Contoh dan Pentingnya Pelayanan Prima ini, semoga artikel ini mampu bermanfaat bagi semua orang.
Belum ada Komentar untuk "Pengertian, Konsep, Jenis,Tujuan ,Contoh Dan Pentingnya Pelayanan Prima"
Posting Komentar