Prinsip-Prinsip Korelasi Antarmanusia

Agar lebih matang lagi, kekerabatan antarpribadi tersebut harus nampak dan sesuai dengan prinsip-prinsip kekerabatan antarmanusia. Apa saja yang termasuk dalam prinsip-prinsip kekerabatan antarmanusia itu?

 kekerabatan antarpribadi tersebut harus nampak dan sesuai dengan prinsip Prinsip-Prinsip Hubungan Antarmanusia

Menurut Yoety (1999), kekerabatan antarmanusia tersebut sanggup dibagi menjadi dua, yaitu dalam arti luas dan dalam arti sempit. Dalam arti luas, kekerabatan antarmanusia merupakan interaksi antarmanusia dengan semua pihak dalam segala situasi dan aspek kehidupan dalam rangka mencari kepuasan.

Baca Juga

Dalam arti sempit, kekerabatan antarmanusia itu sanggup dikatakan sebagai kekerabatan insan dalam konteks bisnis atau organisasi dalam suatu perusahaan. Dalam hal ini ada tujuan yang ingin dicapai, yaitu membangkitkan motivasi seseorang untuk saling membantu dan bekerja sama, lebih produktif, dan memperlihatkan kepuasan bukan saja bagi dirinya sendiri, namun juga bagi organisasi atau perusahaan. Dengan demikian kinerja perusahaan sanggup ditingkatkan.

Sekarang bagi siswa semakin mengetahui dunia karier yang di cita-citakan. Ingatlah akan pengalaman dan kenyataan hidup sehari-hari bahwa sukses tidaknya seseorang dipengaruhi oleh sikap, tingkah laku dan keramahan pada orang lain, serta cara berfikir dan pandangan hidupnya,

Dijelaskan lebih lanjut bahwa keberhasilan di atas akan dipengaruhi oleh prinsip-prinsip kekerabatan antarmanusia, antara lain:

  1. Setiap orang, karyawan, pelanggan, tamu atau wisatawan harus diperlakukan sebagai manusia. Mereka yaitu insan biasa yang memiliki kebutuhan, perasaan, rasa haus dan lapar, lelah, emosi, cinta, bosan, dan ada kalanya berprasangka buruk yang bukan-bukan. Orang yang terlibat di dalamnya harus memposisikan diri secara tepat kepada mereka dan mau memahami kenyataan tersebut.
  2. Setiap orang, karyawan, pelanggan, tamu atau wisatawan bukanlah lawan bicara yang harus diajak untuk berdebat. Perusahaan ini akan dinilai secara negatif dan mereka tak akan datang lagi. Jika perdebatan itu sungguh terjadi, maka bersama-sama pihak perusahaanlah yang kalah.
  3. Setiap orang, pelanggan, tamu atau wisatawan pastilah ingin dihormati, didahulukan, diperhatikan, dan bahkan ingin diistimewakan atau sekali-sekali tak ingin diremehkan atau disepelekan. Karyawan di perusahaan harus sanggup bersikap bijak dan supel dalam menghadapi realitas ini.
  4. Tamu yang datang biasanya ingin melihat sebanyak-banyaknya walaupun dalam waktu yang singkat dan mendapatkan pelayanan yang optimal.

Prinsip-prinsip ini sanggup mulai diterapkan oleh teman-teman dengan adaptasi seperlunya, yaitu situasi kekerabatan antarteman di kampung sendiri. Ini yaitu sebagai latihan.


Bagaimana kamu memperlakukan para guru yang mengajar?

Bagaimana sikapmu dengan teman-teman?

Bagaimana masing-masing anggota kelas saling memperlakukan satu dengan yang lain?

Apa yang sanggup kamu nilai ihwal kekerabatan antar langsung dikelasmu/didesamu?


Hubungan antar langsung yang telah terjalin pastilah membuahkan suasana ceria, rasa saling menerima, saling menyemangati, ada bentuk kerja sama yang produktif, terciptanya kekompakan, saling menghargai, suasana serba enak atau nyaman, dan sebagainya.

Puaskah kamu dengan situasi kelas, sekolah, atau desamu? ...Silahkan tulis jawabanmu dikolom komentar dibawah.


Sekian Pembahasan kali ini mengenai Prinsip-Prinsip Hubungan Antarmanusia, semoga artikel ini sanggup memperlihatkan manfaat bagi semua orang.

Artikel Terkait

Belum ada Komentar untuk "Prinsip-Prinsip Korelasi Antarmanusia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel